Bahaya RKT Tinggi untuk Account Google Adnsense
Perlu diketahui bagi kalian yang baru diterima sebagai publisher iklan Google Adsense, memang perlu meningkatkan dan mengoptimalkan jumlah penghasilan. Namun harus dengan cara dan sistem yang benar. Jangan sampai perjuangan kamu dalam mendapatkan account google adsense tersebut menjadi sia-sia. Pelajari aturan-aturan yang diterapkan oleh pihak google, tidak kalah penting pelajari juga tentang istilah-istilah dalam google adsense.
Nilai RKT yang tinggi apakah berbahaya untukAccount Google Adnsense?
Temukan jawabannya pada artikel ini !!!
Istilah CTR pada google adsense yang memiliki arti Click Through Rate apabila diartikan secara sederhana yang berarti Rasio jumlah klik. Jumlah rasio adalah perbandingan iklan yang tampil pada website atau blog dan iklan yang diklik pada website atau blog, yang berbanding dengan Impresion 100.
CTR sendiri sudah tidak begitu dikenal oleh banyak pemain adsense baru khususnya di Indonesia karena sudah berganti dengan istilah RKT, sebenarnya saya sendiri kurang begitu paham apa itu RKT, namun setelah saya membaca beberapa referensi artikel pada blog yang mengupas tentang google adsense RKT singkatan dari Rasio Klik Tayang
Sudah ada aturanpada suport google, bahwa sebagai publisher adnsense tidak diperbolehkan meng-klik sendiri iklan yang tampil pada website atau blog yang dikelola, walaupun sudah menggunakan Hidden Proxy atau semacamnya bahkan proxy premium sakalipun. Mengapa demikian, alasan yang masuk akal adalah Google Adsense menggunakan sistem yang canggih dalam perhitungannya, bukan dengan manual yang dilakukan oleh manusia sehingga dapat mengantisipasi tindakan tidak wajar.
Sebelum melanjutkan bahasan tentang Bahaya RKT Tinggi untuk Account Google Adnsense ada baiknya sobat blogger mengetahui tentang Pageview
Pageview pengertian sederhana dari pagevie adalah pengunjung yang membaca konten dalam situs atau blog kita, kemudian ketika pengunjung berpindah pada halaman lain dan membaca pada konten yang lain maka tetap akan menambah laporan jumlah pageview dalam google adsense. Dalam perhitungannya, walau dalam membaca konten website atau blog sudah terekan sebagai IP tertentu yang sama ketika pengunjung tersebut merefresh atau membaca pada page yang lain maka akan menambah impressi pada jumlah pageview pada iklan adsense.
Semakin tinggi nilai RKT atau dalam istilah lain disebut CTR sebenarnya semakin baik, maka secara logika jumlah pengunjung atau pageview semakin banyak yang melihat tampilan iklan yang muncul pada situs website atau blog yang kamu pasang.
Catatan :
Apabila kita berbuat tidak wajar atau curang dengan sengaja mengklik iklan yang tampil pada situs kita, yang mengakibatkan jumlah CTR adsense naik secara tidak wajar dan tidak sesuai dengan perhitungan, maka akan berdampak buruk pada account google adnsense kita dan bisa mengakibatkan 2 buah pinalti.
1. Pinalti yang pertama bisa disebut smart pricing.
Apa smart pricing itu?
Smart pricing merupakan hukuman atau pinalti yang diberikan oleh pihak google karena menemukan nilai jumlah yang tidak wajar atau terjadi kejanggalan pada jumlah klik iklan yang dimiliki publisher yang muncul pada laporan pihak advertiser. Sehingga team dari google menganggap klik iklan pada situs tertentu menjadi tidak di akui atau tidak bernilai.
Aturan smart pricing itu digunakan oleh google sebagai alat untuk menghindari klik yang tidak disengaja atau BOM KLIK. Yang merupakan bukan karena keinginan visitor. Sehingga dengan adanya smart pricing maka nilai bid dari suatu situs website atau blog yang terkena hukuman atau pinalti menjadi semakin rendah.
Hukuman paling fatal yaitu banned adsense. Banned adsense merupakan hal yang paling tidak disukai publisher adsense. Walaupun bisa mengajukan banding, jika yang menjadi permasalahan adalah yang berhubungan dengan klik iklan sendiri maka sulit sekali untuk bisa kembali.
Page RPM ( Revenue per Thousand Impression)
Apa itu RPM dan bagaimana rumus perhitungan RPM ?
RPM hampir sama dengan eCPM, Namun pada eCPM perhitungannya adalah pageview dari situs web atau blog, sedangkan RPM yang dihitung berdasarkan jumlah pageview yang muncul dalam iklan. Dengan RPM kamu bisa menentukan pendapatan dari perseribu iklan yang muncul.
Sedangkan rumus yang digunakan untuk menghitung RPM itu seperti ini.
Taksiran hasil dibagi dengan jumlah pageview dikalikan dengan seribu. Lebih jelasnya perhatikan ilustrasi dibawah ini
Suatu musal RPM kita miliki dalah 3 $ maka dalam pengartian nya apabila ada 1000 iklan yang muncul dalam situs website atau blog kita, akan menghasilkan 3$. Dari jumlah ini kita dapat mengetahui berapa estimasi pendapatanmu pada hari itu. Maka kita dapat menarik kesimpulan uintuk membuat sebuah strategi agar pendapatanmu bisa naik.
Bagaimana cara meningkatkan RPM?
Lalu bagaimana caranya?
Langkah paling mudah meningkatkan RPM adalah dengan mengurangi jumlah iklan yang muncul pada situs web atau blog, dengan langkah tersebut tentu berakibat mengurangi jumlah penghasilan. Karena dengan jumlah iklan yang muncul akan berdampak pada penghasilan dan pageview juga menurun. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat dua pilihan solusi yang saya sarankan
1. Meningkatkan pengunjung organic pada website atau blog.
Apabila bertambah jumlah pengunjung pada situs website atau blog maka otomatis RPM juga akan kembali naik. Dengan demikian maka jumlah penghasilan juga akan kembali meningkat.
2. Memblokir iklan yang tidak relevan pada situs kamu.
Apabila niche website atau blog yang dikelola memiliki banyak niche atau topik maka tidak ada iklan yang relevan dengan situs website atau blog yang dikelola, terkecuali hanya tampil iklan dengan nilai CPC atau BPK dengan bayaran per klik dengan nilai yang rendah.
Lalu bagaimana cara mengetahui jenis iklan yang memiliki nilai lebih banyak dan paling berpotensi untuk menaikkan taksiran adsense kita.
Kesimpulan
Apabila Jumlah Nilai RKT tinggi akan berdampak semakin baik untuk adsense jika memang itu dilakukan oleh pengunjung dengan dan sesuai dengan rumus diatas. RKT yaitu tidak bisa menyentuh angka 100%. Dan Kalaupun ada kejanggalan misalkan RKT sudah mencapai 10% maka sudah wajib kamu lebih hati-hati dan waspada.
banned akun google adsense |
Nilai RKT yang tinggi apakah berbahaya untukAccount Google Adnsense?
Temukan jawabannya pada artikel ini !!!
Istilah CTR pada google adsense yang memiliki arti Click Through Rate apabila diartikan secara sederhana yang berarti Rasio jumlah klik. Jumlah rasio adalah perbandingan iklan yang tampil pada website atau blog dan iklan yang diklik pada website atau blog, yang berbanding dengan Impresion 100.
CTR sendiri sudah tidak begitu dikenal oleh banyak pemain adsense baru khususnya di Indonesia karena sudah berganti dengan istilah RKT, sebenarnya saya sendiri kurang begitu paham apa itu RKT, namun setelah saya membaca beberapa referensi artikel pada blog yang mengupas tentang google adsense RKT singkatan dari Rasio Klik Tayang
Sudah ada aturanpada suport google, bahwa sebagai publisher adnsense tidak diperbolehkan meng-klik sendiri iklan yang tampil pada website atau blog yang dikelola, walaupun sudah menggunakan Hidden Proxy atau semacamnya bahkan proxy premium sakalipun. Mengapa demikian, alasan yang masuk akal adalah Google Adsense menggunakan sistem yang canggih dalam perhitungannya, bukan dengan manual yang dilakukan oleh manusia sehingga dapat mengantisipasi tindakan tidak wajar.
Rumus Penghitungan RKT |
Sebelum melanjutkan bahasan tentang Bahaya RKT Tinggi untuk Account Google Adnsense ada baiknya sobat blogger mengetahui tentang Pageview
Pageview pengertian sederhana dari pagevie adalah pengunjung yang membaca konten dalam situs atau blog kita, kemudian ketika pengunjung berpindah pada halaman lain dan membaca pada konten yang lain maka tetap akan menambah laporan jumlah pageview dalam google adsense. Dalam perhitungannya, walau dalam membaca konten website atau blog sudah terekan sebagai IP tertentu yang sama ketika pengunjung tersebut merefresh atau membaca pada page yang lain maka akan menambah impressi pada jumlah pageview pada iklan adsense.
Semakin tinggi nilai RKT atau dalam istilah lain disebut CTR sebenarnya semakin baik, maka secara logika jumlah pengunjung atau pageview semakin banyak yang melihat tampilan iklan yang muncul pada situs website atau blog yang kamu pasang.
Catatan :
Apabila kita berbuat tidak wajar atau curang dengan sengaja mengklik iklan yang tampil pada situs kita, yang mengakibatkan jumlah CTR adsense naik secara tidak wajar dan tidak sesuai dengan perhitungan, maka akan berdampak buruk pada account google adnsense kita dan bisa mengakibatkan 2 buah pinalti.
1. Pinalti yang pertama bisa disebut smart pricing.
Apa smart pricing itu?
Smart pricing merupakan hukuman atau pinalti yang diberikan oleh pihak google karena menemukan nilai jumlah yang tidak wajar atau terjadi kejanggalan pada jumlah klik iklan yang dimiliki publisher yang muncul pada laporan pihak advertiser. Sehingga team dari google menganggap klik iklan pada situs tertentu menjadi tidak di akui atau tidak bernilai.
Aturan smart pricing itu digunakan oleh google sebagai alat untuk menghindari klik yang tidak disengaja atau BOM KLIK. Yang merupakan bukan karena keinginan visitor. Sehingga dengan adanya smart pricing maka nilai bid dari suatu situs website atau blog yang terkena hukuman atau pinalti menjadi semakin rendah.
Hukuman paling fatal yaitu banned adsense. Banned adsense merupakan hal yang paling tidak disukai publisher adsense. Walaupun bisa mengajukan banding, jika yang menjadi permasalahan adalah yang berhubungan dengan klik iklan sendiri maka sulit sekali untuk bisa kembali.
Page RPM ( Revenue per Thousand Impression)
Apa itu RPM dan bagaimana rumus perhitungan RPM ?
RPM hampir sama dengan eCPM, Namun pada eCPM perhitungannya adalah pageview dari situs web atau blog, sedangkan RPM yang dihitung berdasarkan jumlah pageview yang muncul dalam iklan. Dengan RPM kamu bisa menentukan pendapatan dari perseribu iklan yang muncul.
Sedangkan rumus yang digunakan untuk menghitung RPM itu seperti ini.
Taksiran hasil dibagi dengan jumlah pageview dikalikan dengan seribu. Lebih jelasnya perhatikan ilustrasi dibawah ini
Suatu musal RPM kita miliki dalah 3 $ maka dalam pengartian nya apabila ada 1000 iklan yang muncul dalam situs website atau blog kita, akan menghasilkan 3$. Dari jumlah ini kita dapat mengetahui berapa estimasi pendapatanmu pada hari itu. Maka kita dapat menarik kesimpulan uintuk membuat sebuah strategi agar pendapatanmu bisa naik.
Bagaimana cara meningkatkan RPM?
Lalu bagaimana caranya?
Langkah paling mudah meningkatkan RPM adalah dengan mengurangi jumlah iklan yang muncul pada situs web atau blog, dengan langkah tersebut tentu berakibat mengurangi jumlah penghasilan. Karena dengan jumlah iklan yang muncul akan berdampak pada penghasilan dan pageview juga menurun. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat dua pilihan solusi yang saya sarankan
1. Meningkatkan pengunjung organic pada website atau blog.
Apabila bertambah jumlah pengunjung pada situs website atau blog maka otomatis RPM juga akan kembali naik. Dengan demikian maka jumlah penghasilan juga akan kembali meningkat.
2. Memblokir iklan yang tidak relevan pada situs kamu.
Apabila niche website atau blog yang dikelola memiliki banyak niche atau topik maka tidak ada iklan yang relevan dengan situs website atau blog yang dikelola, terkecuali hanya tampil iklan dengan nilai CPC atau BPK dengan bayaran per klik dengan nilai yang rendah.
Lalu bagaimana cara mengetahui jenis iklan yang memiliki nilai lebih banyak dan paling berpotensi untuk menaikkan taksiran adsense kita.
Nilai RKT |
Kesimpulan
Apabila Jumlah Nilai RKT tinggi akan berdampak semakin baik untuk adsense jika memang itu dilakukan oleh pengunjung dengan dan sesuai dengan rumus diatas. RKT yaitu tidak bisa menyentuh angka 100%. Dan Kalaupun ada kejanggalan misalkan RKT sudah mencapai 10% maka sudah wajib kamu lebih hati-hati dan waspada.