Hal yang perlu diperhatikan setelah Update Aplikasi Dapodik 2017b
Semoga sehat semua bapak/ibu operator di seluruh Negeri.
Apakah Bapak / Ibu Operator sudah meng-Update Aplikasi Dapodik ke versi 2017b?
Rilis Aplikasi 2017b dapodik -Website resmi Dapodik
Dalam meningkatkan kualitas data Dapodik, pihak pengembang terus mengadakan perbaikan dan meng-update Aplikasi Dapodik. Terjadapat banyak tambahan fitur-fitur baru dalam dapodik guna mengakomodari kebutuhan data baru. Selain itu, Pihak Pengembang Aplikasi Dapodik juga meningkatkan layanannya kepada stakeholder pendidikan ditingkat daerah maupun ditingkat pusat.
Pada Aplikasi Dapodik versi 2017b terdapat fitur nilai Rapor dan Nilai Hasil US/USBN. Untuk pembeharuan selengkapnya seperti berikut :
1. Pembaruan tambah menu untuk mengentri niai raport peserta didik
2. Pembaharuan tambah tombol untuk menentri prefill anggota rombel.
3. Terdapat Perbaikan pembuatan akun PTK untuk non induk.
Update aplikasi i Aplikasi Dapodik 2017b dapat dilakukan dengan dengan 2 cara :
1. Aplikasi Dapodik 2017b secara Offline.
Aplikasi Dapodik Versi 2017 atau Versi 2017a dapat dirubah menjadi Versi 2017b dengan menggunakan Updater Aplikasi Dapodik 2017b, langkah-langkahnya sebagai berikut:
Download file UPDATER Aplikasi Dapodik 2017b
Lakukan penginstalan sampai dengan selesai.
Tekan refresh (Ctrl + F5).
2. Pembaruan secara online
Aplikasi Dapodik Versi 2017 atau Versi 2017a juga dapat melakukan pembaruan menjadi Versi 2017b secara pembaruan secara online, langkah update sebagai berikut:
- Komputer PC / Laptop yang teristall Dapodik harus terkoneksi internet.
- Login Aplikasi Dapodik Versi 2017 atau Versi 2017a
- Pilih Pengaturan, lalu klik Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
- Setelah muncul keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2017b)
- Pilih dan klik “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan secara otomatis.
- Setelah proses pembaharuan selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
Setelah Berhasil Udate Aplikasi Dapodik Hal yang perlu diperhatikan
1. Mengecek kembali seluruh data data, yang ada pada dashboar awal.
2. Mengentri data Nilai Rapot semester 1 tahun Pelajaran 2016/2017, disarankan untuk selalu menjaga kualitas data artinya data yang diisikan harus sesuai dengan bukti atau real.
3. Meneliti kembali data sebelum di sinkronkan.
Semoga cepat selesai, dan tanpa kendala!
CATATAN : |
---|
Agar Proses sinkronisasi lancer, khususnya sinkronisasi nilai disarankan untuk melakukan sinkronisasi secara bertahap dan tidak harus menunggu sampai dengan input nilai selesai seluruhnya. Nilai yang diperioritaskan diinput adalah semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. |