Tugas Akhir Program, Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar
Tugas Akhir Program (TAP), Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar
Khusus bagi mahasiswa yang mendapat tugas membuat penyelesaian masalah yang terjadi di sekolahnya untuk sebagai tugas yang diberikan oleh Dosen, Dosen Pembimbing ataupun tutor, berikut ini adalah sebuah contoh laporan Tugas Akhri Program yang pernah saya buat.
langsung
Judul : Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar
Latar Belakang Masalah
Yuni adalah guru SDNegeri 4 Tamanagung,
pada saat mengajar pelajaran IPA kelas 4 dengan topik Sumber Daya Alam. Bu Yuni
masuk kelas, sebelum pelajaran dimulai Bu Yuni menyuruh anak-anak untuk berdoa, kemudian
anak-anak mengucapkan salam dan Bu Yuni menj awab ucapan salam dari
anak-anak. Bu Yuni menjelaskan bahwa
pelajaran hari ini akan membahas tentang Sumber Daya Alam dan Hasilnya.
Untuk
merespon proses pembelajaran Bu Yuni memberikan sedikit penjelasan dan
memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. Semua sudah bisa menjawab
pertanyaan yang Bu Yuni berikan kepada setiap siswa tetapi disitu ada salah
satu siswa yang diberi pertanyaan berkali-kali tidak bisa menjawab. Namanya adalah Sandi, siswa tersebut merupakan
tergolong dari keluarga tidak mampu. Sandi memiliki dua saudara kandung
sedangkan orang tuanya hanya bekerja serabutan.
Saat diberi pertanyaan Sandi hanya tersenyum dan
menjawab”saya tidak bisa Bu !”, padahal soal
yang berikan tergolong soal mudah, tetapi tetap saja tidak bisa menjawab.
Identifikasi Masalah
a. Anak
tidak mau mendengarkan saat guru sedang menerangkan pelajaran
b. Mengajak
teman sebangkunya untuk diajak bicara
c. Sering
menggangu temannya dengan cara mengalihkan perhatian ketika temannya
berkonsentrasi dalam mendengarkan penjalasan guru.
Pokok Masalah
a.
Anak tidak punya keinginan untuk belajar
Rumusan Masalah
Rumusan Masalah
a. Bagaimana meningkatkan motivasi belajar Sandi ?
Alternatif
Pemecahan Masalah
a. Mencari
tahu penyebab masalah pada anak tersebut
b. Pemberian
motivasi pada siswa dan memberi perhatian
yang lebih pada anak tersebut
Analisis
Masing-Masing Alternatif Pemecahan Masalah
Kekuatan
a. Mencari
penyebab masalah anak tersebut yaitu mengawasi segala permbuatan dan tingkah lakunya daat pelajaran,
agar guru tahu penyebab lain yang terjadi pada anak tersebut, sehingga guru
bisa memantau permasalahan yang timbul pada anak tersebut terhadap keinginan
untuk belajar di sekolah
b. Pemberian
motivasi yaitu memberikan dorongan kepada anak tersebut untuk bisa semangat
dalam belajar supaya anak bisa tertarik untuk mendengarkan penjelasan guru dari
pada bicara sama teman ketika guru menjelaskan materi pembelajaran. Memberikan perhatian pada anak dengan
cara sering mengajak komunikasi tentang pelajaran yang
akan diberikan guru kepada siswa agar anak tersebut mempunyai gambaran terhadap
materi pelajaran yang akan dijelaskan. Dan memberikan
perhatian khusus pada anak dengan sering memberikan pertanyaan saat
pelajaran agar anak tersebut selalu
berkonsentrasi pada pealajaran dan selalu memberikan kesempatan bertanya. Untuk
memberikan penguatan dapat dilakukan dengan cara memberikan pujian jika anak
tersebut dapat menjawab pertanyaan.
Kelemahan
a. Saat guru melakukan pengawasan untuk mencari penyebab
masalah yang timbul pada siswa, maka pelajaran akan terganggu dan perhatian
kepada siswa lain akan tersita hanya pada satu anak.
b. Jika pemberian penguatan tidak tepat akan mebuat si
anak menjadi besar kepala dan menyebabkan siswa lain menjadi iri.
Alternatif Pemecahan Masalah Yang Digunakan
a. Memberikan
perhatian khusus pada anak yaitu memperhatikan perlakuan anak ketika dia berada
di dalam kelas agar anak selalu memperhatikan materi pelajaraan yang diberikan
guru ketika guru menjelaskan materi yang diberikan kepada siswa. Anak tersebut
sering diberi soal-soal pertanyaan secara lisan dan dia langsung disuruh
menjawabnya. Ketika guru menjelaskan materi yang diajarkan anak tersebut harus
selalu dalam pantauan guru agar dia tidak punya kesempatan untuk bicara dengan
teman sebangkunya.
Semoga bermanfaat
Semoga bermanfaat