Tips Teknik Dasar Blogging Keyword Research
Tips Teknik Dasar Blogging Keword Research
Keyword Revealer |
Namun dibalik kegagalan tersebut terdapat banyak sekali pengalaman yang dapat kita peroleh seiring dengan keinginan kita untuk terus dan terus belajar. Jika ingin belajar menjadi seorang blogger terdapat teknik dasar yang penting untuk dipelajari diantaranya adalah Teknik Keyword Research. Perlu diketahui saya hampir tidak pernah bersusah payah untuk mencari backlink pada beberapa blog saya yang saya kelola dan tidak mengecewakan pengunjungnya
statistik blog |
Keyword research adalah sebuah teknik yang bertujuan untuk menemukan dan menentukan keyword bidikan yang baik.
Seperti apa keyword yang baik?
Keyword baik harus memiliki setidaknya 2 kriteria berikut:1. Populer;
2. Tingkat persaingannya rendah.
Sebenarnya ada beberapa faktor lain, namun 2 hal itu saja sudah cukup. Kalau Anda mampu menemukan keyword dengan 2 kriteria di atas, Anda akan mampu membuat banyak blog yang profitable.
Kita coba bahas kedua kriteria di atas dengan lebih mendetail.
1. Populer
Sebuah keyword yang baik setidaknya harus dicari sebanyak 1.000 kali dalam sebulan. Itu adalah angka minimal. Lebih banyak lebih bagus. Usahakan pencariannya di atas 1.000 per bulan.Bagaimana cara mengetahui tingkat pencarian sebuah keyword?
Ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan memakai Google Keyword Planner. Sesuai namanya, alat ini adalah milik Google. Anda bisa mengaksesnya melalui link berikut:https://adwords.google.com/KeywordPlanner
Untuk bisa mulai menggunakan alat tersebut, Anda harus memiliki akun Google. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan membuat akun Gmail baru, atau memakai akun Gmail yang sudah ada.2. Tingkat Persaingannya Rendah
Jika Anda melakukan keyword research memakai Google Keyword Planner, Anda tidak akan bisa melihat tingkat persaingan. Ini memang salah satu kekurangan Google Keyword Planner, di samping banyaknya kekurangan lain.Karena itulah, saya sangat tidak menganjurkan pemakaian Google Keyword
Planner untuk melakukan keyword research.
Untuk melihat tingkat persaingan, Anda bisa memakai beberapa alat seperti:
- MOZ (https://moz.com)
- Market Samurai (http://www.marketsamurai.com/)
- Long Tail Pro (http://www.longtailpro.com/)
Selain tiga alat tersebut, ada banyak alat lain. Ketiga alat tersebut adalah yang paling populer.
Di antara ketiga alat di atas, saya sangat menganjurkan memakai MOZ. Sistem perhitungan tingkat persaingan keyword yang digunakan MOZ jauh lebih tepat jika dibandingkan dua alat lainnya. Tapi, bukan berarti MOZ tidak punya kekurangan. Kekurangan MOZ adalah tidak bisa menghitung jumlah pencarian per bulan secara presisi seperti halnya Google Keyword Planner. Padahal, mengetahui pencarian per bulan secara presisi adalah hal yang penting.
Karena itulah, saya sangat menganjurkan Anda untuk memakai sebuah alat yang bernama Keyword Revealer.
Silakan akses melalui link berikut:
http://www.keywordrevealer.com
Kenapa Keyword Revealer?Alat ini mengambil data pencarian per bulan dari Google Keyword Planner, dan memakai API milik MOZ untuk mengetahui tingkat persaingan sebuah keyword. Tool ini bisa kita gunakan secara GRATIS. Memang, ada versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis memiliki banyak
kekurangan. Namun kita sudah bisa melakukan keyword research cukup maksimal hanya memanfaatkan fasilitas gratis dari Keyword Revealer.
fasilitas gratis dari Keyword Revealer |
hasil Keyword Revealer |
Ini adalah hasil riset memakai Keyword Revealer yang saya lakukan sekitar pertengahan bulan puasa tahun 2017. Perlu dicatat, bahwa hasil riset keyword bisa berubah dari waktu ke waktu. Jangan kaget kalau sekarang hasil riset keyword ini sudah berbeda.
Keyword yang kita riset pada gambar di atas adalah tips semangat bekerja saat berpuasa
ini tergolong keyword yang bagus untuk dijadikan sebagai keyword bidikan. Kenapa bisa begitu?
Pertama, ia adalah keyword yang populer. Lihat pada bagian yang saya beri kotak merah di kanan bawah. Monthly searches (pencarian per bulan) keyword ini
adalah 3.600. Ingat sekali lagi, keyword yang bagus harus memiliki pencarian per bulan minimal sebanyak 1.000.
Kedua, ia adalah keyword yang tingkat persaingannya rendah. Lihat bagian yang saya beri kotak merah di kiri atas. Keyword difficulty menunjukkan angka 4.
Keyword Revealer punya sistem penilaian tingkat kesulitan keyword yang cukup baik:
1 – 10 : no competition (amat sangat mudah)
11 – 20: extremely low competition (mudah)
21 – 30: low competition (sedang)
31 ke atas masuk ke kategori sulit, atau berat. Saya sarankan, Anda bahkan jangan menggarap keyword yang kategorinya low competition.
Meskipun kelihatannya mudah, namun Anda harus mengeluarkan effort cukup besar untuk bisa menguasai halaman pertama.
Saran saya, HANYA kerjakan keyword yang masuk kategori NO COMPETITION, atau setidaknya Extremely Low Competition.
Contohnya, seperti keyword blue suede boots di atas.
Kenapa keyword tersebut bisa masuk kategori no competition? Perhatikan gambar berikut:
hasil Keyword Revealer |
pada bagian yang saya beri kotak merah. Bagian di sebelah kiri menunjukkan banyaknya backlink. Bagian di sebelah kanan menunjukkan SEO on-page yang dimiliki masing-masing halaman.
Seperti yang bisa kita lihat, ada begitu banyak halaman yang tidak memiliki backlink sama sekali. Kalau dilihat, posisi 1 sampai 3 diisi dengan halaman yang tidak memiliki backlink. Artinya, kita juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menduduki peringkat pertama, meskipun tanpa backlink sama sekali.
Pada bagian SEO on-page sebelah kanan, bisa kita lihat bahwa ada begitu banyak halaman yang tidak mengoptimasi teknik ini dengan benar. Artinya, kalau Anda
bisa mengoptimasi SEO on-page dengan baik dan benar, Anda berkesempatan mengalahkan semua halaman tersebut.
Saya akan mengajarkan langkah demi langkah untuk menerapkan SEO on-page yang baik dan benar dalam panduan ini.
Selain dua faktor tersebut (backlink dan SEO on-page), ada beberapa faktor lain seperti Page Authority (PA), Domain Authority (DA), MozRank, dan social signal (Google +1s, FB Shares, FB Likes, dan Tweets). Saya tidak akan menjelaskan semua hal itu, karena 2 alasan:
- PA, DA, MozRank, dan social signal semakin tidak relevan pada update algoritma Google terakhir. Efeknya tetap ada, namun semakin kecil.
- Saya tidak ingin membuat Anda semakin pusing dengan berbagai istilah teknis dalam SEO.
Hanya dua hal yang perlu Anda perhatikan:
1. Jumlah backlink
2. SEO on-page
Inilah dua hal yang masih sangat relevan dengan update algoritma Google terakhir.
Kalau memang dirasa berat menemukan keyword no competition, tidak masalah. Setidaknya, carilah keyword dalam kategori extremely low competition. Meskipun memakan lebih banyak waktu untuk mencapai halaman pertama, namun ini masih tergolong mudah dicapai.
Saya harap Anda memahami penjelasan di atas. Kalau ada beberapa hal yang masih bingung, tak usah khawatir. Lanjut saja membaca panduan ini sampai akhir. Saya yakin, Anda akan memahami semua istilah di atas secara perlahan-lahan.
Berbicara tentang teknik SEO one page coba pertahikan gambar berikut
e-pusatsumberbelajar.id |
Gambar diatas adalah salah satu blog baru yang berumul kurang dari 3 bulan yang saya buat, tanpa terasa blog tersebu sudah mendapat site goole.
Berikut adalah video tutorial tentang menggunakan tool Keyword Research dengan gratis.
Berikut adalah video tutorial tentang menggunakan tool Keyword Research dengan gratis.
Semoga bermanfaat, jangan lupa subscrip dan share video agar dapat bermanfaat.
Artikel disarangkan
Artikel disarangkan
1.
2.
3.