Server Cafe - Pengertian Server Cafe, Tips Bekerja Sebagai Server Cafe
Kesuksesan tidak akan pernah mampir bila kita hanya bisa
berdiam diri dan bersantai atau ongkang-ongkang tanpa peras keringat dan kerja
keras. Dalam catatan sejarah manapun, tidak ada orang yang mendapatkan kesuksesan
secara tiba-tiba kecuali dapat Wasiat dari orang tuanya. Yang namanya
kesuksesan akan datang bila diperjuangkan dengan kerja keras dendan
sungguh-sungguh.
Pengertian Server Cafe
Server Cafe adalah karyawan yang bekerja dibidang penyajian,
atau bertugas menyajikan makanan dan minuman dan menyampaikan hidangan kepada pelanggan.
Pekerjaan ini merupakan suatu jabatan yang ada pada outlet food and beverage
department seperti room service, café, bar, restoran, dan banquet. Mereka dituntut
harus memiliki kemampuan untuk memberikan
pelayanan yang memuaskan bagi tamu (excellent service).
Bagaimana kalian tertarik menjadi server café?
Jika kalian berminat atau tertarik ingin mencoba peluang
kerja tersebut, ada bebera hal yang harus kalian ketahui agar nantinya kalian
sukses. Pekerjaan tersebut merupakan peluang kerja yang patut kalian coba
sebagai tambahan penghasilan karena dapat dikerjakan paruh waktu, sehabis
kuliah dan sangat cocok bagi kalian yang berpenampilan menarik. Nah,
pengetahuan apa saja yang penting untuk diketahui jika ingin bekerja sebagai
penyaji atau pelayan atau server café :
Penampilan Menarik
Memiliki Penampilan yang menarik akan memberikan nilai plus jika
kalian bekerja sebagai pelayanan yang menyajikan hidangan kepada tamu atau
pelanggan dan tentu juga harus memiliki sopan santun dalam menyajikan makanan. Seorang
penyaji atau pelayanan secara langsung berhadapan dengan tamu, dan senantiasa
dituntut dengan harus berpenampilan rapi dan menarik.
Mengenai penampilan ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui
agar terlihat menarik dan rapi, yaitu :
1. Kebersihan
badan (Cleanlines of the Body)
Menjaga Kebersihan dan kesegaran badan harus mendapat
perhatian yang utama, anggota badan yang kotor dan tidak terjaga kebersihanya
akan langsung merusak cara pandang tamu
atau pelanggan terharap penyajian. Oleh karena itu kalau kalian bekerja sebagai
penyaji atau pelayan pada room service, café, bar, restoran, dan banquet, maka
dituntut Untuk selalu menjaga kebersihan dan kesegaran anggota badan.
2. Kulit (skin)
Selain penampilan menarik, kesehatan dan kesegaran kulit juga merupakan prioritas utama. Coba lihat
pada Mall, restaurant dan tempat-tempat lain yang menyediakan pekerjaan
dibidang jasa, mereka terlihat tanpa tanpan dan cantik, bahkan seorang
pelanggan akan merasa betah jika harus berlama-lama ditempat tersebut hanya
untuk memandang pelayan tersebut, wwwkwkwkwk (penulis juga kaleee).
3. Rambut (hair)
Mahkota kepala atau rambut juga harus diperhatikan, kalian
harus menjaga kebersihanya, kesehatanya, dan kerapianya. Pernah melihat kalian
jika berkunjung atau berbelanja disebuah mini market, mall, atau restaurant ada
seorang pelayan yang penampilan rambutnya acak-acakan?, pasti penampilan rambut
mereka terlihat rapi dan menarik, jika perlu gunakan minyak rambut agar tata
rambut kalian rapid an tidak menimbulkan aroma atau bau tidak sedap. Selalaju jaga
kebersihan dan kesegarannya agar bebaskan dari ketombe dan usahakan jangan
menggaruk-garuk kepala saat sedang melayani atau menemani tamu.
4. Kumis dan
jenggot (beard and moustachi)
Kalau kalian menjadi seorang Pelayanan yang bertugas
menyajikan hidangan atau layanan kepada tamu sepertinya memelihara kumis atau
jenggot kurang cocok, karena akan mengurangi nilai penampilan kalian, alangkah
lebih baik jika mencukur dan merapikan kumis dan jenggot kalian.
5. Tangan dan
Kuku (hands and nails)
Tak luput Kuku dan tangan harus bersih untuk menjamin
kebersihan hidangan pelayanan kepada pelanggan, ini terutama bagi kalian yang
bekerja sebagai pelanggan. Alangkah baiknya jika selalu menjaga kebersihan kuku
dan juga mencuci tangan untuk menjaga kebersihan. Jangan menggunakan cat kuku
yang berbau menyengat. Selalu pelihara kesehatan kulit telapak tangan.
6. Mulut dan Gigi
(mouth and teeth)
Woow, sepertinya ini bagian penting juga, bayangkan jika ada
orang yang bau nafasnya kurang sedap kemudian berbicara kepada kalian, tentu
hal yang sama berkalu apabila kalian berbicara kepada orang lain. Perlu
tindakan khusus bagi kalian yang bekerja sebagai kebersihan dan kesegaranya. Apabila
kalian bekerja sambilan pada outlet food and beverage department seperti room
service, café, bar, restoran, dan banquet jangan sampai mulut mengeluarkan bau
tidak sedap.
7. Kaki, kaus
kaki, dan sepatu (feet, stocking, and shoes)
Walaupun terletak pada bagian bawah anggota badan namun kebersihan
dan kesegaran pada kaki harus dipelihara secara terjadwal dan juga hindari
menggunakan kaus kaki yang sama dalam jangka waktu yang lama agar tidak
menimbulkan bau yang tidak enak. Hindari menyimpan sepatu di tempat yang
lembab.
8. Emas dan
perhiasan (gold and jewelry)
Jangan menggunakan perhiasan secara berlebihan jika kalian
bekerja pada outlet food and beverage department seperti room service, café,
bar, restoran, dan banquet, karena akan mengundang kejadian yang tidak
menyenangkan pada diri sendiri.
9. Pakaian
seragam (uniform)
Gunakan serang yang sesuai dengan yang diterapkan ditempat
kerja , tentu berbeda seragam yang ada pada outlet food and beverage department
seperti room service, café, bar, restoran, dan banquet. Dan juga seragam harus dirawat
dengan baik agar tetap rapi, bersih, dan tahan lama.
Sikap dan Tingkah Laku Server Cafe
Pentingnya menjaga sikap dan tingkah laku pada lokasi kerja,
karena akan menentukan berapa lama kalian bekerja pada tempat kerja tersebut,
apabila sikap kurang baik ditempat kerja siap-siap saja akan mendapat perlakuan
tidak baik juga dari atasan kalian. Walupun sikap dan tingkah laku sebagai seorang adalah
pembawaan dari lahir dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, namun sebagai karyawan
khususnya bagi para waiter atau server cafe harus bisa menjaga sikap dan
tingkah laku. Kalian harus senantiasa menjaga sikap dan lebih terampil serta lebih
cekatan, tidak hanya itu kalian selalu dalam keadaan konsentrasi dan selalu siap
sedia dalam menghadapi tamu ketika memberikan pelayanan. Penampilan Harus
selalu kondisi yang rapi dengan, dan selalu mengontrol penampilan dan pembawaan
diri.
Dalam segala kondisi dan waktu seorang waiter/server harus
selalu bersikap baik dan ramah terhadap pelanggan siapapun pelanggan tersebut. Harus
selalu tersenyum dan ramah ketika keadaan bagaimanapun juga, hal ini akan
membawa pengaruh yang positif dan sangat banyak bagi diri sendiri, bagi tamu
yang datang, relasi, pimpinan, dan rekan kerja. Bagi waiter/server perlu
memiliki toleransi, dan mampu berpikir cepat dan mempertimbangkan segala hal
pada setiap kondisi untuk kepentingan orang lain, dan juga harus mempunyai rasa
tanggung jawab dan konsisten terhadap pekerjaanya.
Sikap dan tinggkah laku yang baik, yang harus dimiliki
setiap waiter atau server café adalah sebagai berikut: - Logat bicara harus dimiliki oleh setiap waiter atau server café untuk dapat menimbulkan daya tarik dan nilai positif bagi lawan bicara. Misalnya dengan menggunakan bahasa tubuh pas, mimik muka, atau campuran dari gerak tangan dan suara dengan benar.
- Jaga posisi badan tetap tegak, saat berbicara dapat memberikan nilai positif serta respone baik dan dapat menjalin komunikasi sehingga antara lawan bicara dan pembicara terdapat suasana penuh keakraban.
- Bertingkah laku baik, sopan dan selalu menghormati semua tamu atau pelanggan adalah merupakan hal yang sangat essensial dalam berhadapan dengan tamu yaitu dari disiplin pribadinya.
Tugas dan Tanggung Jawab Server Cafe
Tugas utama seorang Server Cafe adalah memberikan pelayanan terbaik
bagi tamu yang akan minum dan makan. Namun tidak hanya itu, juga harus
melaksanakan ada beberapa hal yang berhubungan dengan tugas utama tersebut :
- Mempersiapkan service equipment
- Melaksanakan table set-up dan clear up
- Menjalankan step to customer dengan baik
- Memastikan tamu yang datang dalam keadaan nyaman dan senang
- Mengkondisikan area sekitar tamu selalu bersih dan aman
Tugas Server Café selian beberapa hal diatas, mereka juga
harus bertanggung jawab atas kebersihan, keselamatan, dan kemanan atas diri
sendiri dan tempat kerjanya. Tanggung server
café antara lain :
- Bertanggung jawab terhadap head waiter atau captaint floor
- Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian area kerja
- Bertanggung jawab pada semua peralatan dan perlengkapan untuk pelayanan
Fungsi Server Café
Salah satu fungsi Server Café adalah sebagai penyaji,
menyajikan hidangan berupa makan dan
minuman dam membantu tamu untuk memilih menu serta menjelaskanya.
Sehingga tamu merasa lebih mudah dalam memilih menu yang akan dipesan.
Video Tips Menjadi Seorang Waiter / Server Cafe
Sumber : https://www.youtube.com
Formulasi Sikap Pelayanan
Peraturan dasar
formulasi sikap pelayanan dimana antara yang satu dengan yang lainya saling memiliki dan saling
keterkaitan, yaitu :
Persiapan Pelayanan
Apa itu persiapan pelayanan? Persiapan Pelayanan adalah mempersiapkan
diri baik mental dan fisik serta berbagai peralatan untuk bekerja yang
mendukung terciptanya kelancaran pelayanan.
- Persiapan Fisik
Mempersiapkan fisik sangat penting dan merupakan hal pokok
yang harus laksankan sebelum bekerja. Diantaranya persiapan tersebut adalah
sebagai berikut :
- Menggunakan pakaian rapi, pantas, dan benar (Seragam)
- Melakukan perubahan penampilan pada raut muka sehingga menunjukkan keceriaan
- Sikap tubuh lentur dan luwes
- Bersikap Sopan dan ramah dengan ditampilkan melalui air muka dan sikap tubuh
- Menunjukkan kondisi sehat jasmani
- Sikap siap untuk bekerja
Dalam rangka menjaga kesehatan diri, sebagai Server Café perlu menjaga kesehatan dengan tidak terlalu larut dalam pekerjaan dan bisa mengatur kondisi emosional, serta selalu berupaya menghindari stress akibat pekerjaan yang penat, selalu iklash dalam bekerja dengan menikmati pekerjaan dan mensyukuri berkah yang diperoleh dari pekerjaan tersebut. Persiapan fisik yang benar akan memeberikan pelayanan yang prima kepada tamu-tamunya.
- Persiapan Mental
Tidak hanyak persiapan fisik yang dilakukan, persiapan mental juga perlu diapkan sebelum bekerja, beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan mental agar dapat bekerja dalam kondisi baik penting untuk selalu tetap konsentrasi, selalu percaya diri, dan merasa bangga dengan tugas dan selalu iklash dalam bekerja, penting untuk sebisa mungkin menghindari complaint dan masalah-masalah pribadi ketika akan bekerja.
Bagi seorang Server Café harus memiliki konsentrasi penuh dan memiliki perhatian khusus terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan. Beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk menjaga pemusatan pikiran, agar tetap konsentrasi kerja, antara lain :
Bagi seorang Server Café harus memiliki konsentrasi penuh dan memiliki perhatian khusus terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan. Beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk menjaga pemusatan pikiran, agar tetap konsentrasi kerja, antara lain :
- Menganggap pekerjaan sebagai hobby
- Semua yang dimiliki diperoleh dari hasil pekerjaan tersebut
- Pekerjaan yang dilakukan itu merupakan ibadah
- Persiapan Alat Bantu
Peralaran alat bantu yang kami maksud adalah berbagai macam
peralatan yang akan dipergunakan dalam bekerja, seperti :
- Alat tulis menulis
- Alat-alat penyajian menu, dan sebagainya
Interaksi
Terjadinya Proses interaksi diawali ketika tamu datang ke
outlet. Pada waktu yang sama proses interaksi dimulai dengan melakukan
penyambutan (greeting). Kemudian berlanjut dengan adanya komunikasi, antara kedua belah pihak, antara
server café dan pengunjung dan diharapkan memperoleh pengertian masing-masing. Terjadinya komunikasi yang baik dan saling memahami dari pihak tamu atau
pelanggan berupaya memahami informasi
yang diberikan pelayan berkaitan dengan kebutuhan. Kecocokan dalam
berkomunikasi akan menghasilkan hal-hal positif bagi kedua belah pihak.
Bagi kalian yang bekerja sebagai penyaaji atau pelayan perlu
kalian ketahu bahwa berbagai pertanyaan yang diajukan tamu atau pelanggan merupakan
sebuah permintaan informasi dan bukan merupakan sebuah interogasi, jadi harus
dijawab dengan iklash sesuai informasi yang betul-betul benar yang kalian
ketahui. Seorang pelanggan menginginkan informasi yang jelas mengenai segala
produk yang dijual secara pasti dari sesuatu yang disajikan. pelanggan juga
menginginkan keterangan yang lengkap mengenai produk yang disajikan dan terinci
menyangkut kebutuhanya informasi.
Dengan demikian, bagaimana pun jenis pertanyaan yang diajukan
tamu tersebut, seorang Server Café harus siap menjawabnya dengan cara yang
sopan, jelas, dan ramah sesuai informasi yang dimiliki tanpa ditambahi ataupun
tanpa dikurangi.
Tindak Lanjut Pelayanan
Pada posting ini kami memberikan pengetahuan tentang Tindak lanjut pelayanan setelah interaksi
berlangsung, dan tindak lanjut tersebut akhirnya adalah pelaksanaan pelayanan
untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai permintaan atau pemesanan. Pada akhirnya
Dalam melaksanakan pelayanan, seluruh pesanan yang di inginkan seorang
pelanggan atau tamu harus dapat terpenuhi berdasarkan ketentuan dan standar
pelayanan yang telah ditetapkan.