Mengenal Istilah dalam Google Adsense
Bagaiamana pengalaman kamu saat pertama kali diterima atau di aprove oleh google adsense?Sebelum lanjut pada isi artikel saya ingin berbagai pengalaman saya dengan sobat blogger semua. Mungkin berbeda atau mungkin sama, ada lebih dari belasan kali saya ditolak pada saat pengajuan account saya untuk menjadi publisher google adsense, namun semua penolakan itu tidak mematahkan semangat saya, karena itu semua adalah sebuah proses yang akan membuat kita bertahan pada tahap berikutnya saat nanti diterima oleh google adsense untuk dipercaya menampilkan iklan pada website atau blog yang kita kelola.
Siapa yang tidak kepincut dengan hasil yang diperoleh setiap harinya. Dengan bermodal modem dan internet saya mulai mencari informasi tentang istilah-istilah seperti backlink, seo, blogwalking, dan masih banyak lainnya. masih ingat kata pertama kali yang saya search pada google adalah "Cara Membuat Blog". Itu sedikit pengalaman yang bisa saya berikut kalau ingin bertanya silahkan berkomentar atau mengirim pesan melalui kontak yang tersedia.
Saaat dapat email dari Google Adsense bahwa akun saya diterima dan dapat menampilkan iklan pada blog. Senang bukan main perasaan saya, namun ada pikiran bingung dan perasaan bertanya-tanya bagaimana langkah selanjutnya?
Setelah diterima menjadi publisher Google Adsense, agar kita dapat mengoptimalkan hasil pendapatan yang kita dapat dan mengetahui arti istilah dan fungsi dari setiap fitur yang ada di Google Adsense. Istilah-istilah tersebut saya rangkum dan buat dalam postingan seperti yang sedang kalian baca, jadi apa bila kami baru diterima sebagai pengiklan Google Adsense ini adalah halaman yang tempat untuk belajar.
Istilah-istilah sederhana pada Beranda google adsense yang harus diketahui adalah sebagai berikut pengertian dari CPC (Cost per Click)/BPK (Biaya per klik), CTR (Click Through Rate)/RKT (Rasio klik-tayang), dan RPM (Revenue per 1000 impressions)/PPS (Pendapatan per seribu tayangan).
Cost per Click atau biasa disingkat menjadi CPC mempengaruhi besarnya pendapatan yang diperoleh oleh seorang publisher, Apabila semakin besar nilai CPC dari keyword yang kita pakai, semakin besar pula pendapatan yang akan kita peroleh. Untuk itu bagi publisher penting untuk memperlajari Cara mencari Keyword
Dari gambar diatas merupakan hasil riset kata kunci pada tool keyword revealer, dengan keyword cari jodoh CPC yang dihasilkan dari kata tersebut adalah $ 0.07, jadi apabila ada pengunjung blog atau website kalian dan mengklik iklan yang tampil, maka kamu akan dibayar sebesar $0.07.
Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC, mulai dari niche atau topik yang gunakan pada situs website atau blog yang kita kelola, sumber lalu lintas pengunjung pada situs website atau blog, asal negara pengunjungpada situs website atau blog, memblokir iklan yang memiliki harga rendah, smartpricing dan masih banyak faktor lainnya.
Pada Situs yang yang ada Indonesia, besar komisi yang diterima setiap klik yang terjadi pada iklan berkisar sekitar 200-700 IDR per klik, jika yang mengklik iklan asal negara pengunjung berasal dari Indonesia, sedangkan jika yang mengklik iklan berasal dari luar negeri, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat (US), Singapore, Australia, dan lain sebagainya, CPC yang diberikan akan berlipat-lipat. Anda bisa membuktikan sendiri percaya atau tidak, karea saya pernah merasakan pengalaman dimana nilai CPC meningkat menjadi $1 ketika ada pengunjung yang berasal dari US mengklik iklan. Pada halaman dashboard Google Adsense berbahasa Indonesia, CPC dikenal juga dengan istilah BPK (Biaya per Klik)
Sama pengertiannya dengan CPC, semakin besar nilai CTR, semakin besar pula penghasilan yang didapat oleh seorang publisher (Anda). Perhatikan Penjelasan sederhana untuk mengetahui nilai CTR di akun Google Adsense yang kita miliki nilai sebesar 1%. Jika diterjemahkan, maka nilai CTR 1% itu memiliki Pengertian, maka setiap kali ada 1000 impresi pada iklan, jumlah klik yang terjadi adalah 1% dari jumlah impresi, yakni 1/100 (bentuk pecahan dari 1%) x 1000 = 10 klik.
Penjelasan diatas dapat diartikan jika kita mendapatkan 1000 impresi dan nilai CTR adalah 1%, maka Anda akan mendapatkan 10 klik. Tetapi berbeda dengan CPC, yang besar nilainya ditentukan oleh algoritma pada sistem Google yang sedang berjalan, sedangkan CTR nilainya ditentukan oleh optimasi penempatan iklan yang dilakukan oleh pemilik situs website atau blog, dimana penempatan iklan pada situs web atau blog, pemilihan warna iklan sesuai, penggunaan label atau judul pada iklan, ukuran iklan, hingga jenis iklan yang dipasang situs website atau blog sangat mempengaruhi besarnya CTR.
Entah bagaimana alasannya apabila nilai CTR yang dimiliki sebuah akun google adsense nilainya terlalu besar, terjadi kemungkinan bahwa Google akan merasa curiga, kemudian akan memberikan peringatan, dan bukan tidak mungkin kalau akun Anda akan dibanned atau pemutusan. Oleh karena itu, kita harus waspada untuk menjaga nilai CTR tidak terlalu besar.
Zona aman saya sendiri belum tau kepastiannya namun para forum - forum adalah CTR yang disebutkan oleh sejumlah pendahulu yang berpengalaman di bidang google adsense adalah berkisaran 5-10%, jika lebih dari itu, harap siaga aja deh
Perhatikan ilustrasi berikut RPM adalah $0.22, maka setiap 1000 impresi, Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.22; apabila penyangan iklan pada website atau blog sudah mencapai nilai impresi sebesar 2000 penayangan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.44; jika iklan sudah mendapatkan impresi sebesar 3000 penayangan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0,66; dan berlaku seperti ilustrasi seterusnya.
Kesimpulannya adalah RPM merupakan sebuah tolak ukur yang dapat membantu kita untukdapat mengetahui berapa besar jumlah pendapatan yang didapat ketika iklan sudah tayang pada jumlah impresi tertentu. Pada account Google Adsense yang menggunakan berbahasa Indonesia, RPM dikenal juga dengan istilah PPS (Pendapatan per seribu penayangan).
Semoga Penjesalan tentang istilah-istilah yang ada pada google adsense dapat membantu bagi yang baru di aprove, jika masih bingung atau ragu dengan apa yang saya tuliskan diatas, silahkan bertanya lewat komentar atau langsung mengirim pesan melalui kontak
istilah dalam google adsense |
Mengenal Istilah dalam Google Adsense
Pertama kali memiliki kenginnan menjadi seorang blogger karena ingin memiliki penghasilan dari sebuah blog, karena membaca postingan di berbagai group dengan menampilakn hasil dari menjadi publisher yang sangat menggiurkan lihat saja gambar screnshot dibawah ini :Penghasilan milik mas Dani Alfin Prama |
Mengenal Istilah-Istilah dalam Google Adsense
Saaat dapat email dari Google Adsense bahwa akun saya diterima dan dapat menampilkan iklan pada blog. Senang bukan main perasaan saya, namun ada pikiran bingung dan perasaan bertanya-tanya bagaimana langkah selanjutnya?
Setelah diterima menjadi publisher Google Adsense, agar kita dapat mengoptimalkan hasil pendapatan yang kita dapat dan mengetahui arti istilah dan fungsi dari setiap fitur yang ada di Google Adsense. Istilah-istilah tersebut saya rangkum dan buat dalam postingan seperti yang sedang kalian baca, jadi apa bila kami baru diterima sebagai pengiklan Google Adsense ini adalah halaman yang tempat untuk belajar.
Istilah-istilah sederhana pada Beranda google adsense yang harus diketahui adalah sebagai berikut pengertian dari CPC (Cost per Click)/BPK (Biaya per klik), CTR (Click Through Rate)/RKT (Rasio klik-tayang), dan RPM (Revenue per 1000 impressions)/PPS (Pendapatan per seribu tayangan).
istilah dalam google adsense |
a. Apa itu CPC?
Cost per Click atau biasa disingkat menjadi CPC merupakan sebuah pengertian atau istilah untuk menyebutkan jumlah bayaran atau fee (komisi) yang diberikan oleh Google kepada publisher, setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan yang kita tayangkan di blog atau channel YouTube kita.Cost per Click atau biasa disingkat menjadi CPC mempengaruhi besarnya pendapatan yang diperoleh oleh seorang publisher, Apabila semakin besar nilai CPC dari keyword yang kita pakai, semakin besar pula pendapatan yang akan kita peroleh. Untuk itu bagi publisher penting untuk memperlajari Cara mencari Keyword
riset kata pacar pada tool keyword revealer |
Dari gambar diatas merupakan hasil riset kata kunci pada tool keyword revealer, dengan keyword cari jodoh CPC yang dihasilkan dari kata tersebut adalah $ 0.07, jadi apabila ada pengunjung blog atau website kalian dan mengklik iklan yang tampil, maka kamu akan dibayar sebesar $0.07.
Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC, mulai dari niche atau topik yang gunakan pada situs website atau blog yang kita kelola, sumber lalu lintas pengunjung pada situs website atau blog, asal negara pengunjungpada situs website atau blog, memblokir iklan yang memiliki harga rendah, smartpricing dan masih banyak faktor lainnya.
Pada Situs yang yang ada Indonesia, besar komisi yang diterima setiap klik yang terjadi pada iklan berkisar sekitar 200-700 IDR per klik, jika yang mengklik iklan asal negara pengunjung berasal dari Indonesia, sedangkan jika yang mengklik iklan berasal dari luar negeri, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat (US), Singapore, Australia, dan lain sebagainya, CPC yang diberikan akan berlipat-lipat. Anda bisa membuktikan sendiri percaya atau tidak, karea saya pernah merasakan pengalaman dimana nilai CPC meningkat menjadi $1 ketika ada pengunjung yang berasal dari US mengklik iklan. Pada halaman dashboard Google Adsense berbahasa Indonesia, CPC dikenal juga dengan istilah BPK (Biaya per Klik)
b. Apa itu CTR?
Penjealan tentang Click through rate CTR merupakan istilah untuk menyebutkan persentase klik iklan yang terjadi per 1000 kali penayangan iklan. CTR juga sering kali disebut sebagai perbandingan dalam bentuk persentase, antara jumlah klik yang terjadi dengan jumlah impresi.Sama pengertiannya dengan CPC, semakin besar nilai CTR, semakin besar pula penghasilan yang didapat oleh seorang publisher (Anda). Perhatikan Penjelasan sederhana untuk mengetahui nilai CTR di akun Google Adsense yang kita miliki nilai sebesar 1%. Jika diterjemahkan, maka nilai CTR 1% itu memiliki Pengertian, maka setiap kali ada 1000 impresi pada iklan, jumlah klik yang terjadi adalah 1% dari jumlah impresi, yakni 1/100 (bentuk pecahan dari 1%) x 1000 = 10 klik.
Penjelasan diatas dapat diartikan jika kita mendapatkan 1000 impresi dan nilai CTR adalah 1%, maka Anda akan mendapatkan 10 klik. Tetapi berbeda dengan CPC, yang besar nilainya ditentukan oleh algoritma pada sistem Google yang sedang berjalan, sedangkan CTR nilainya ditentukan oleh optimasi penempatan iklan yang dilakukan oleh pemilik situs website atau blog, dimana penempatan iklan pada situs web atau blog, pemilihan warna iklan sesuai, penggunaan label atau judul pada iklan, ukuran iklan, hingga jenis iklan yang dipasang situs website atau blog sangat mempengaruhi besarnya CTR.
Entah bagaimana alasannya apabila nilai CTR yang dimiliki sebuah akun google adsense nilainya terlalu besar, terjadi kemungkinan bahwa Google akan merasa curiga, kemudian akan memberikan peringatan, dan bukan tidak mungkin kalau akun Anda akan dibanned atau pemutusan. Oleh karena itu, kita harus waspada untuk menjaga nilai CTR tidak terlalu besar.
Zona aman saya sendiri belum tau kepastiannya namun para forum - forum adalah CTR yang disebutkan oleh sejumlah pendahulu yang berpengalaman di bidang google adsense adalah berkisaran 5-10%, jika lebih dari itu, harap siaga aja deh
c. Apa itu RPM?
Revenue Perthousand Impression (RPM) merupakan istilah dalam google adsense yang menjadi tolak ukur penghasilan rata-rata yang didapatkan publisher apabila ikan pada situs web atau blog kita tayang setiap 1000 kali penayangan. Secara sederhana dapat diartikan RPM merupakan rata-rata penghasilan yang didapat setiap kali iklan tayang pada sebuah situs website atau blog sebanyak seribu kali. RPM secara sederhana dapat diartikan CPM (Cost per thousand Impression).Perhatikan ilustrasi berikut RPM adalah $0.22, maka setiap 1000 impresi, Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.22; apabila penyangan iklan pada website atau blog sudah mencapai nilai impresi sebesar 2000 penayangan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.44; jika iklan sudah mendapatkan impresi sebesar 3000 penayangan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0,66; dan berlaku seperti ilustrasi seterusnya.
Kesimpulannya adalah RPM merupakan sebuah tolak ukur yang dapat membantu kita untukdapat mengetahui berapa besar jumlah pendapatan yang didapat ketika iklan sudah tayang pada jumlah impresi tertentu. Pada account Google Adsense yang menggunakan berbahasa Indonesia, RPM dikenal juga dengan istilah PPS (Pendapatan per seribu penayangan).
Semoga Penjesalan tentang istilah-istilah yang ada pada google adsense dapat membantu bagi yang baru di aprove, jika masih bingung atau ragu dengan apa yang saya tuliskan diatas, silahkan bertanya lewat komentar atau langsung mengirim pesan melalui kontak