-->

Mengenal Istilah dalam Google Adsense

Bagaiamana pengalaman kamu saat pertama kali diterima atau di aprove oleh google adsense?Sebelum lanjut pada isi artikel saya ingin berbagai pengalaman saya dengan sobat blogger  semua. Mungkin berbeda atau mungkin sama, ada lebih dari  belasan kali saya ditolak pada saat pengajuan account saya untuk menjadi publisher google adsense, namun semua penolakan itu tidak  mematahkan semangat saya, karena itu semua adalah sebuah proses yang akan membuat kita bertahan pada  tahap berikutnya saat nanti diterima oleh google adsense untuk dipercaya menampilkan iklan pada website atau blog yang kita kelola.
istilah dalam google adsense

Mengenal Istilah dalam Google Adsense

Pertama kali memiliki kenginnan menjadi seorang blogger karena ingin memiliki penghasilan dari sebuah blog, karena membaca  postingan di berbagai group dengan menampilakn hasil dari menjadi publisher yang sangat menggiurkan lihat saja gambar screnshot dibawah ini :
Penghasilan  milik mas Dani Alfin  Prama
Siapa yang  tidak kepincut dengan  hasil yang diperoleh setiap harinya. Dengan bermodal modem dan internet saya mulai mencari informasi  tentang istilah-istilah seperti backlink, seo, blogwalking, dan masih banyak lainnya. masih ingat  kata pertama kali yang saya search pada google adalah "Cara Membuat Blog". Itu sedikit pengalaman yang bisa saya berikut kalau ingin bertanya silahkan berkomentar atau mengirim pesan melalui  kontak yang tersedia.

Mengenal Istilah-Istilah dalam Google Adsense


Saaat  dapat email dari Google Adsense bahwa  akun saya diterima dan dapat menampilkan iklan pada blog. Senang bukan  main  perasaan saya,  namun ada pikiran bingung dan perasaan bertanya-tanya bagaimana langkah selanjutnya?
                                                      
Setelah diterima menjadi  publisher Google Adsense, agar kita dapat mengoptimalkan hasil pendapatan yang kita dapat dan mengetahui arti istilah dan fungsi dari  setiap fitur yang ada di Google Adsense. Istilah-istilah tersebut saya rangkum dan buat dalam  postingan seperti yang sedang kalian baca, jadi apa bila kami baru diterima sebagai pengiklan Google Adsense ini adalah halaman yang tempat untuk belajar.

Istilah-istilah sederhana pada Beranda google adsense yang harus diketahui adalah sebagai berikut pengertian dari CPC (Cost per Click)/BPK (Biaya per klik), CTR (Click Through Rate)/RKT (Rasio klik-tayang), dan RPM (Revenue per 1000 impressions)/PPS (Pendapatan per seribu tayangan).
istilah dalam google adsense

a. Apa itu CPC?

Cost per Click atau biasa disingkat menjadi CPC merupakan sebuah pengertian atau istilah untuk menyebutkan jumlah bayaran atau fee (komisi)  yang diberikan oleh Google kepada publisher,  setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan yang kita tayangkan di blog atau channel YouTube kita.

Cost per Click atau biasa disingkat menjadi CPC  mempengaruhi besarnya pendapatan yang diperoleh oleh seorang publisher, Apabila semakin besar nilai CPC dari keyword yang kita pakai, semakin besar pula pendapatan yang akan kita peroleh.  Untuk itu bagi publisher  penting untuk memperlajari Cara mencari Keyword
riset kata pacar pada tool keyword revealer

Dari gambar diatas merupakan hasil riset kata kunci pada tool  keyword revealer,  dengan keyword cari jodoh  CPC yang dihasilkan dari kata tersebut adalah $ 0.07, jadi apabila ada pengunjung blog atau website kalian dan  mengklik iklan yang tampil, maka kamu akan dibayar sebesar $0.07.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi  besar kecilnya nilai CPC, mulai dari niche atau topik yang gunakan  pada situs website atau blog yang kita kelola, sumber lalu lintas pengunjung pada situs website atau blog, asal negara pengunjungpada situs website atau blog, memblokir iklan yang memiliki harga rendah, smartpricing dan masih banyak faktor lainnya.

Pada Situs yang yang ada Indonesia, besar komisi yang diterima setiap klik yang terjadi pada iklan berkisar sekitar 200-700 IDR per klik, jika yang mengklik iklan  asal negara pengunjung berasal dari Indonesia, sedangkan jika yang mengklik iklan berasal dari luar negeri, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat (US), Singapore, Australia, dan lain sebagainya, CPC yang diberikan akan berlipat-lipat. Anda bisa membuktikan sendiri  percaya atau tidak, karea saya pernah merasakan pengalaman dimana nilai CPC meningkat menjadi $1 ketika ada pengunjung yang berasal dari US mengklik iklan. Pada halaman dashboard Google Adsense berbahasa Indonesia, CPC dikenal juga dengan istilah BPK (Biaya per Klik)

b. Apa itu CTR?

Penjealan tentang Click through rate  CTR merupakan  istilah untuk menyebutkan persentase klik iklan yang terjadi per 1000 kali penayangan iklan. CTR juga sering kali disebut sebagai perbandingan dalam bentuk persentase, antara jumlah klik yang terjadi dengan jumlah impresi.

Sama pengertiannya dengan  CPC, semakin besar nilai CTR, semakin besar pula penghasilan yang didapat oleh seorang publisher (Anda). Perhatikan Penjelasan sederhana untuk mengetahui nilai CTR di akun Google Adsense yang kita miliki nilai sebesar 1%. Jika diterjemahkan, maka nilai CTR 1% itu memiliki Pengertian, maka setiap kali ada 1000 impresi pada iklan, jumlah klik yang terjadi adalah 1% dari jumlah impresi, yakni 1/100 (bentuk pecahan dari 1%) x 1000 = 10 klik.

Penjelasan diatas dapat diartikan jika kita mendapatkan 1000 impresi dan nilai CTR adalah 1%, maka Anda akan mendapatkan 10 klik. Tetapi berbeda dengan CPC, yang besar nilainya ditentukan  oleh algoritma pada sistem Google yang sedang berjalan, sedangkan CTR nilainya ditentukan oleh optimasi penempatan iklan yang dilakukan oleh pemilik situs website atau blog, dimana penempatan iklan pada situs web atau blog, pemilihan warna iklan sesuai, penggunaan label atau judul pada iklan, ukuran iklan, hingga jenis iklan yang dipasang situs website atau blog sangat mempengaruhi besarnya CTR.

Entah bagaimana alasannya apabila nilai CTR yang dimiliki sebuah akun google adsense nilainya terlalu besar, terjadi kemungkinan bahwa  Google akan merasa curiga, kemudian akan memberikan peringatan, dan bukan tidak mungkin kalau akun Anda akan dibanned atau pemutusan. Oleh karena itu, kita harus waspada untuk menjaga nilai CTR tidak terlalu besar.

Zona aman saya sendiri belum tau kepastiannya namun para forum - forum adalah  CTR yang disebutkan oleh   sejumlah pendahulu yang berpengalaman di bidang google adsense adalah  berkisaran 5-10%, jika lebih dari itu, harap siaga aja deh

c. Apa itu RPM?

Revenue Perthousand Impression  (RPM) merupakan istilah dalam google adsense  yang menjadi tolak ukur penghasilan rata-rata yang didapatkan publisher apabila ikan pada situs web atau blog kita tayang setiap 1000 kali penayangan. Secara sederhana dapat diartikan  RPM merupakan rata-rata penghasilan yang didapat setiap kali iklan tayang pada sebuah situs website atau blog sebanyak seribu kali. RPM secara sederhana dapat diartikan CPM (Cost per thousand Impression).

Perhatikan ilustrasi berikut  RPM adalah $0.22, maka setiap 1000 impresi, Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.22; apabila penyangan iklan pada website atau blog sudah mencapai nilai  impresi sebesar 2000 penayangan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.44; jika iklan sudah mendapatkan impresi sebesar 3000 penayangan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $0,66; dan berlaku seperti ilustrasi seterusnya.

Kesimpulannya adalah RPM merupakan  sebuah tolak ukur yang dapat membantu kita  untukdapat mengetahui berapa besar jumlah pendapatan yang didapat ketika iklan sudah tayang pada jumlah impresi tertentu. Pada account Google Adsense yang menggunakan berbahasa Indonesia, RPM dikenal juga dengan istilah PPS (Pendapatan per seribu penayangan).

Semoga Penjesalan tentang istilah-istilah yang ada pada google adsense dapat membantu bagi yang baru di aprove, jika masih bingung atau ragu dengan apa yang saya tuliskan diatas, silahkan bertanya lewat komentar atau langsung mengirim pesan melalui kontak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel