Pengertian Google Keyword Tool Free, Cara Menggunakan Google Keyword Tools
Apakah kalian pernah mendengar tentang Google Keyword Tool Free?
Mungkin jika kalian adalah seorang blogger dan sejenis entah apa sebutan atau julukannya saya sendiri kurang begitu paham, sudah sering mendengar dan bahkan menggunakan google keyword tool free untuk bekerja dibidang tersebut. Untuk pengertian lebih lanjut agar lebih jelas dan paham, mungkin bisa searching di google.com, namun, pada kesempatan kali ini kami hanya ingin berbagi sedikit pehaman tentang pertian dan penggunaan tool tersebut. Google Keyword Tool Free apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti alat kata kunci google gratis merupakan sebuah tool atau aplikasi berbasis online yang berguna untuk mencari sebuah kata kunci yang bagus untuk digunakan sebagai alamat, judul, sub judul dan deskripsi pada sebuah blog atau situs web.
Apa kriteria kata kunci bagus?
Lalu apa manfaatnya?
Dengan memanfaatkan tool atau aplikasi untuk menemukan kata kunci yang disediakan oleh goolge secara gratis tujuan dan manfaatnya adalah agar blog atau website yang kita kelola dapat mudah ditemukan apabila ada seorang yang mencari sebuah artikel ataupun sebuah informasi dengan kata kunci tersebut. Sehingga blog atau website yang kita kelola akan mendapatkan trafik atau pengunjung yang cukup banyak. Sehingga apabila kita manfaatkan blog atau website tersebut sebagai publisher akan mendapat banyak keuntungan. Banyak teman-teman sesama blogger kurang begitu memanfaatkan Google Keyword Tool sehingga blog yang mereka kelola kurang maksimal, dalam arti tidak mendapatkan trafik yang cukup tinggi sehingga pendapatan yang didapatkan sebagai publisher kurang memuaskan.
Google Keyword Tool Free
Google Keyword Tool Free - sobatops |
Hal ini juga saya rasakan sendiri pada saat belajar membuat blog, banyak sekali kendala yang saya alami ketika pertama kali belajar menjadi seorang blogger. Terus terang saya belajar dari online atau belajar secara otodidak, jadi hanyak sedikit sekali pengetahuan yang saya miliki ketika pertama membuat blog, alhasil blog yang saya kelola lebih dari bulan tidak ada trafik yang cukup memuaskan dan bahkan saya hampir putus asa. Karena faktor Kepepetlah saya tetap berusaha, banyak forum dan group yang saya ikuti, dan juga banyak tutorial, ebook yang saya pelajari dari saran seorang teman “Coba kamu pelajari tentang teknik research keyword dengan Google Keyword Tool Free pasti blogmu akan rame !!” akhirnya saya sedikit memahami tentang apa itu keyword atau kata kunci.
Kata kunci yang bagus, kriteria sebuah kata kunci yang bagus menurut petunjuk dari sebuah ebook adalah yang pertama kata kunci harus popular, dan kriteria yang kedua kata kunci harus tidak ada persaingan atau lebih dikenal dengan no competition. Kata kunci popular adalah kata kunci atau keyword apabila dilakukan sebuah riset atau penelitian menggunakan Google Keyword Tool Free dalam satu bulan terdapat minimal 1000 orang yang mencarinya. Jadi, apabila diterapkan kata kunci tersebut pada blog atau website kita pastinya blog kita tidak ada sepi pengunjung bukan.
Ternyata ada banyak sekali kata kunci yang dapat digunakan untuk membangun sebuah blog atau website. Eeeit … tunggu dulu. Tidak cukup kriteria yang pertama yaitu popular saja, harus di dukung dengan kriteria yang kedua yaitu no competition atau tidak ada persaingan. Tidak ada persaingan atau no competition apabila kata kunci tersebut tidak banyak orang atau blogger dan sebagainya yang menggunakan. Lalu bagaimana cara mengetahui kata kunci tersebut tidak banyak yang menggunakan? Untuk mencari tahu tentang kata kunci tersebut popular dan no competition silahkan kalian baca artikel tutorial tentang cara mencari kata kunci no competition. Kami sudah membuat secara lengkap tutorialnya.
Tidak hanya berfungsi untuk menemukan keyword yang popular dan no competition saja namun apabila kita dapat memaksimalkan tool atau aplikasi ini, kita juga bisa menargetkan nilai pay per clik atau CPC dari iklan yang akan muncul sehingga nilai BPK kalian memuaskan, cek cara meningkatkan BPK. Apasaja contoh Google Keyword Tool Free?
Contoh Google Keyword Tool Free
Tidak sedikit mereka yang menghubungkan teknik research atau cara mencari kata kunci dengan SEO. Nah, apalagi SEO itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation, merupakan tenik yang bertujuan untuk mengoptimalkan sebuah pencarian kata kunci yang diterapkan pada blog atau website. Apabila kita menggunakan google keyword tool yang pro atau versi premium maka akan lebih mudah dan mungkin kita akan mendapatkan berbagai fasilitas untuk mendapatkan kata kuncil yang sangat berkompetensi, namun tidak sedikit modal atau uang yang harus kita keluarkan. Namun apabila kita tidak banyak memiliki modal kita dapat menggunakan google keyword tool free, hasilnya akan sangat bagus apabila kita menggunakan secara benar.
Nah apa saja contoh google keyword tool free, Berikut adalah tool atau aplikasi gratis untuk mencari kata kunci yang tersedia, dan sangat bermanfaat
1. Google Keyword Planner
Bagi kalian yang sudah banyak menggunakan tool online ini untuk perencanaan kata kunci, tersebut adalah Google Keyword Planner. Penggunaan tool ini memungkinkan seorang pengiklan untuk mencari kata kunci baru dan kata kunci untuk iklan. Fasilitas pada tool dari Google ini juga menyediakanstatistik bagi setiap kata kunci yang ditampilkan, termasuk besarnya pencariandan perkiraan cost per click (biaya rata-rata perklik) Nah, sangat bermanfaatsekali bukan untuk mendapatkna kata kunci yang bagus untuk menargetkan iklandengan nilai CPC paling maksimal. Tool Keyword Planner atau Perencanaan Kata Kunci merupakan tahap awal, untuk membantu kita dalam menemukan kata kunci yang bagus, Maka tool ini bukan satu-satunya tool atau aplikasi yang bisa kalian gunakan.
sumber
Seperti yang sudah ada pada pernyataan pada Google, kalian dapat menggunakan perencanaan ini sebagai ‘peletakkan dasar menuju pemasaran yang sukses’. Dengan demikian kita dapat memberikan sebuah arahan dasar dalam kelompok periklanan dan pemilihan kata kunci yang lebih luas, Namun kalian mungkin akan akan banyak melewati beberapa keyterms yang mempunyai nilai bagus, apabila mengandalkan satu apli kasi ini yaitu google keyword planner.
Apabila ingin mendapatkan hasil lebih optimal dengan menggunakan Google Keyword Planner diharapkan kita harus mengeluarkan modal dan campaign, kita dapa mengakalinya dengan menggunakan Google Keyword Planner Untuk Akun Adwords Baru
2. Google Autocomplete
google keyword tool free yang kedua adalah Google Autocomplete, apabila kalian mengetik sebuah kata atau sebuah frasa pada kotak penelusuran Google, kemudian sejumlah prediksi yang mungkin mirip dengan kata kunci yang sedang kalian cari, akan muncul. Nah, itu merupakan sebuah Konsep autocomplete milik Google, tool ini akab bekerja dengan berdasarkan pada beberapa faktor, termasuk seberapa sering pengguna telah mencari kata kunci tersebut sebelumnya. Dengan fasilitas Ini akan membantu ketika kita akan mencari kata kunci yang cukup panjang, dengan memulai mencari kata-kata awal. Dengan mengetik sebuah awal Anda ke dalam kotak pencarian google, dan kalian coba untuk mengetik tiap huruf untuk mengetahui seberapa jauh kata kunci tersebut dicari. Coba melakukan ketikan huruf, kata kunci dengan memberi spasi sebelum kata kunci tersebut, agar bisa melihat variasi-variasi yang kerap muncul.
3. Ubersuggest
Pasti kalian sudah sering menggunakannya bukan? Ubersuggest adalah tool berbasis onlin sebagai penyaran kata kunci (suggestion tool). Tool aatau aplikasi ini memaparkan list sebuah data dari Google dan mesin pencari lainnya dengan mengetik kata kunci pertama atau mengetik kata kunci awal, kita juga dapat melakukan sebuah variasi dengan menambahkan huruf atau angka di kata kunci yang ada, dan menawarkan banyak sekali saran untuk kata kunci. Dengan memanfaatkan tool ini sangat bermanfaat untuk menguji kata kunci yang panjang dan membantu kita untuk menemukan sebuah kata kunci yang sangat tepat.
Dengan tool ubersuggest kita dapat memperluas daftar atau list kata kunci, kalian akan dibantu menemukan banyak sekali ide-ide baru untuk kata kunci yang bisa kalian gunakan. Mungkin kalian tidak akan pernah menghabiskan waktu sangat lama, dan hanya dalam kurun waktu beberapa menit saja untuk mencari dan menemukan beberapa ratus saran kata kunci, namun dari sini kita mungkin akan mendapatkan kata kunci yang mungkin tak Anda pikirkan sebelumnya.
4. Keyword Tool
Tool atau Aplikasi Keyword ini fungsinya hampir mirip dengan Ubersuggest, karena memanfaatkan fasilitas konsep Google Autocomplete, Namun, banyak yang mengatakan bahwa Keyword Tool lebih unggul selangkah, karena mampu menghasilkan lebih banyak saran kata kunci, terhitung hingga 750 saran kata kunci.
Dari beberapa situs web atau blog terdapat informasi tentang Keyword Tool, ternyata aplikasi ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sangat user-friendly. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menyarakan sejumlah kata untuk frasa atau kata sebelum dan sesudah kata kunci yang Anda inginkan. Dan yang paling menyenangkan ketika menggunakan tool ini adlaah tidak ada CAPTCHA atau iklan yang menggangu para pengiklan ketika tengah meneliti kata kunci secara mendalam. Dan hal menarik lainnya adlaah aplikasi ini adalah memudahkan Anda dalam menavigasi.
5. WordStream Free Keyword Tool
Walaupun fasilitas terbatas,namun pada WordSream’s Free Keyword Suggestion memiliki nilai lebih dalam menampilkan kata kunci yang relevan dan juga sangat bernilai untuk tema bisnis kita. Tool ini menyediakan kata kunci lebih bervariasi jenisnya untuk kata kunci yang panjang, apabila dibandingkan dengan tool Keyword Planner dari Google. Dari semua saran kata kunci yang ditampilkan aplikasi ini akan lebih relevan dibanding saran kata kunci dari tool yang dibahas sebelumnya. Tool ini mampu mewakili lebih dari jutaan permintaan pencarian, dan yang lebih menguntungkan lagi user bisa menggunakannya hingga 30 kali sehari tanpa membayar.
Namun, terdapat beberapa metrik seperti contohnya Google Search Volume and Competition yang hasilnya belum tepat atau kurang relevan, Namun tidak, terdapat pengecualian apabila kalian menggunakan Wordstream versi berbayar. Wordstream versi free juga memiliki aplikasi perencanaan kata kunci termasuk pencari KeyWord Niche, Keyword Grouper dan Negative Keyword Tool, dan lainnya lagi yang dapat membantu menambah kesempurnaan kata kunci yang ingin kita gunakan.
6. Keyword Eye (Basic)
Contoh google keyword tool free selanjutnya adalah Keyword Eye merupaakn tool untuk mencari kata kunci visual yang banyak menampilkan kata kunci, dimana terdapat perbedaan yaitu ukuran dan warna yang ditampilkan Keyword Eye, dan masing-masing kata kunci tersebut mewakili besarnya nilai pencarian dan dan nilai dari kompetisinya. Tidak hanya itu kita juga bisa melihat saran kata kunci dalam tampilan grid jadi lebih mudah dalam mengurutkannya dengan metrik tertentu.
Dengan menggunakan Keyword Eye versi free atau gratis, kita mendapatkan vasilitas 20 kata kunci yang dicari dalam kurun waktu sehari, dan juga jumlah laporan mengenai 100 kata kunci, dan 25 database kata kunci dari pencarian Google. Berbeda dengan tool WordStream, dengan tool ini kita dapat melihat Search Volume, PPC Competition, dan PPC Competitive Score. Pada tool Keyword Eye menyediakan data-data yang cukup banyak, tetapi sangat mudah pahami dan merupakan salah satu pilihan untuk menemukan kata kunci yang sesuai.
7. Keyword Revealer’s Keyword Tool
Pada post sebelumnya kami juga sudah memberikan tutorial tentang cara penggunaan tool KeyWord Revealer, dimana pada tool versi free atau gratis memberikan fasilitas kepada kita untuk melihat berbagai saran kata kunci yang cocok serta metrik yang relevan, contohnya Search Volume, CPC, dan Estimated Profit. Google keyword tool free Keyword Eye sangat mirip, tool dapat menampilkan tingkat kesulitan kompetisi kata kunci yang tengah berjalan dan memprediksi kata kunci yang munngkin menguntungkan. Pada tutorial sebelumnya kita hanya diberikan vasilitas sebanyak 3 kali kesempatan pencarian perhari, namun update terakhir pada tahun 2018 kita mendapatkan tambahan kesempatan sebanyak 10 kali untuk setiap user, jadi gunakanlah dengan bijaksana.
Contoh Video cara mencari keyword no competiton
Contoh Video cara mencari keyword no competiton
8. Adwords Search Terms
Perlu kalian ketahui bahwa kata kunci yang paling bernilai bagi CPC, adalah kata kunci yang murni datang dari kata kunci pencarian dari pengunjung, sebelum mereka benar-benar mengklik iklan pada situs website atau blog kalian. Cara terbaik untuk mengakalinya adalah dengan berfikit seperti mereka, ketika mereka hendak mencari sebuh layanan jasa atau produk, tutorial ataupun sebuah informasi apa yang mereka ketik pada mesin penelusuran. Ketika kalian menggunakan tool atau aplikasi Google Adwords, kalian harus memperhatikan cara memilih kata kunci yang paling relevan ke grup iklan pada website atau blog kalian. Oleh karena itu hindari kata kunci yang digunakan tidak relevan dengan apa yang Anda iklankan, Google bisa menilainya negatif.
Perlu dipahami ketika melakukan perencanaan atau riset kata kunci merupakan langkah-langkah yang bersifat kontinu atau terus-menerus berkembang dan memiliki proses yang berkelanjutan. Jika bisa memperoleh kata kunci yang bagus, maka akan membawa keuntungan dan kesuksesan dalam website atau blog kita. Sebetulnya masih terdapat banyak sekali google keyword tool free, atau aplikasi pencari kata kunci gratis yang ada.
Terima kasih sudah membaca artikel tentang google keyword tool free sampai selesai. Semoga dapat memberikan informasi dan wawasan yang bermanfaat.