Alat Peraga Edukatif
Alat Peraga Edukatif
Berikut ini merupakan pembahasan soal tentang APE (Alat Peraga Edukatif)
Berikut ini merupakan pembahasan soal tentang APE (Alat Peraga Edukatif)
Gambar Alat Peraga Edukatif
Sumber : www.kompasia.com
1.
Apa yang dimaksud dengan APE
tiga dimensi, sebutkan 5 macam APE tiga
dimensi berikut fungsinya ?
Ø APE (Alat Peraga Edukatif) adalah alat peraga yang mempunyai
bentuk nyata atau berupa miniatur yang bisa dilihat dari beberapa sudut
pandang, mempunyai volume dan isi
Misalnya : miniatur rumah, masjid, pura, gereja, wihara,
balok-balok, kubus, bola.
Ø 5 macam APE tiga dimensi
1. Miniatur Masjid
2. Miniatur rumah tempat tinggal
3. Panggung boneka
4. Balok-balok membangun
5. Area memasak
Ø Fungsinya :
APE berfungsi untuk menciptakan situasi belajar/pembelajaran
secara aktif dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diskenariokan.
2.
Apa yang dimaksud Media
Pembelajaran juga sebagai Sumber
Pembelajaran?
Ø Media pembelajaran adalah
-
Alat pelengkap untuk membuat
lebib jelas tentang apa yang disajikan guru dalam pembelajaran.
-
Alat yang sangat berguna untuk menonjolkan persoalan agar dipelajari atau di kaji dan
dipecahkan dalam proses pembelajaran.
Ø Sumber belajar
Sesuatu yang memuat bahan ajar atau untuk memperoleh informasi
yang diperlukan siswa baik secara individu maupun kelompok.
Ø
Media pembelajaran juga disebut sebagai sumber belajar adalah :
Suatu media atau alat peraga yang memuat sebagai bahan ajar
dan untuk memperoleh informasi kreatif yang diperlukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah
ditetapkan oleh guru atau penyaji.
Misalnya : Kertas lipat, balok-balok majemuk, macam-macam
bangun geometri, pewarna cair, bak air dll.
3.
Sebutkan lima macam sember
belajar yang ada disekolah!
Lima macam sumber belajar
yang ada di lingkungan sekolah
1.
Kebun sekolah
2.
Bak air
3.
Bak pasir
4.
Perpustakaan sekolah
5.
Ruang sudut
4.
Apa yang dimaksud dengan
media mengurangi verbalisme dan meningkatkan kreatifisme?
Ø Yang dimaksud media mengurangi verbalisme
Tingkat perkembangan anak usia dini dalam belajar adalah
bermain dengan benda-benda yang ada dalam lingkunganya, artinya dia belajar
secara kongkrit dengan benda nyata, dengan meraba, merasa, memandang, dan
mendengar, dengan demikian anak akan
memperoleh pengetahuan, pengalaman secara kongkrit dan nyata sesuai yang dialami dalam bermain.
Ø Media meningkatkan kreatifisme.
Media/alat peraga pembelajaran sebagai sumber anak dan berkreasi dalam ilustrasi dan
imajinasi pada waktu anak bermain dengan media yang ada, contoh :
-
Dengan balok-balok anak akan
berusaha berkreasi membuat sebuah bangunan
-
Dengan kertas anak dapat
berkreasi membuat bentuk lipatan pesawat
terbang dan apabila dilempar kertas akan bisa terbang.
-
Dengan plastisin, play do, dan bak pasir anak akan berkreasi
membetuk yang diinginkan sesuai kemampuannya.
5.
Apa yang dimaksud bahwa
media pembelajaran mengatasi ruang dan waktu ?
Ø Media pembelajaran mengatasi ruang dan waktu mengandung
maksud :
-
Media harus jelas baik bentuk, manfaat, fungsi, tujuan dan penggunaannya
memenuhi 5 aspek perkembangan anak.
-
Media yang digunakan baik
klasikan/ kelompok dan individu harus bisa memenuhi kebutuhan baik secara
individu maupun secara kelompok.
-
Media yang digunakan tidak
menimbulkan kejenuhan bagi anak atau siswa.
-
Bahan atau media yang
digunakan awet, tidak mudah rusak, cepat busuk, berbau dan membahayakan bagi
anak (aman dan nyaman dalam penggunaan)
Ø Dengan menggunakan media pembelajaran maka :
-
Kegiatan pembelajaran akan
lebih menarik
-
Menumbuhkan motivasi belajar
siswa.
-
Memungkan siswa lebih
memahami bahan ajar yang disajikan guru.
-
Dapat menguasai tujuan
pembelajaran.
-
Metode pembelajaran jadi
lebih bervariasi dan tidak monoton, sehingga tidak cepat bosan dan lelah.
-
Kegiatan akan lebih
diperkaya karena dimungkinkan adanya fasilitas yang dapat mengakomodasi
kebutuhan.
-
Membuat suasana yang lebih
menyenangkan dan memutus kejenuhan serta kebosanan siswa.
Video Alat Peraga Edukatif