Peran Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran
Peran Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran
Bagaimana cara meningkatkan daya tarik mata pelajaran IPA kepada siswa dalam dunia nyata?
Meningkatkan Daya Tarik Mata Pelajaran IPA
Bahwa kelemahan guru IPA saat ini dalah kurang mampu membawa materi pelajaran kepada dunia nyata yang dihadapi anak sehari-hari. Guru hanya berdiri di depan kelas dengna hanya sebatang kapur untuk menjelaskan suatu proses ataupun fenomena alam yang kompleks. Mudah tersenyum, ramah terhadap setiap anak didik dan menunjukkan bahwa ia siap mengajar merupakan hal penting karena penampilan guru akan mempengaruhi kesiapan anak didik menerima pelajaran
Gambar Pemanfaatan Lingkungan Alam
a. Peran sekolah dalam memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar
Berbagai kegiatan bisa diciptakan oleh guru dan sekolah untuk memanfaatkan alam lingkungan. Pada watu liburan sekolah misalnya, guru bisa membawa siswa ke pegunungan atau pantai untuk memperkenalkan alam dan lingkungan hidup secara lansung. Kegembiraan yang diperoleh sambil belajar merupakan cara yang efektif untuk mempelajari bahyak hal.
Selain berfungsi sebagai media bagi siswa, ternyata masih banyak lagi manfaat lain dari alam yang tak kalah pentingnya bagi perkembangan kejiwaan mereka. Cobalah perhatikan ketika seorang siswa dalam empati dan kasih saying dalam dirinya terhadap mahluk hidup lain. Dengan demikian tentunya lebih mudah mendidik mereka untuk belajar menyayangi sesame manusia kelak. Kemampuan memelihara taman juga bisa menumbuhkan kelembutan dalam jiwa mereka.
b. Kiat Memanfaatkan Alam Bagi Siswa Sekolah Dasar
Ketika guru ingin memanfaatkan dan mengembangkan potensi lingkungan alam maka ada baiknya mempertimbangkan berbagai hal berikut :
1. Pilihlah lingkungan alam yang mampu mengembangkan kemampuan dan ketrampilan fisik siswa.
2. Lingkungan yang dimanfaatkan untuk belajar diusahakan lingkungan yang baru dan berbeda dengan lingkungan kelas dan sekolah sehingga siswa belajar menyesuikan diri dengan lingkungan siswa.
3. Ciptakan suasan sedemikian rupa agar siswa merasakan peran-peran sosial yang baru.
4. Lingkungan alam diharapkan juga bida mengembangkan ketrampilan dasar membaca, menulis dan menghitung dengan pengarahan dari guru.
5. Suasana lingkungan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan hati nurani siswa melalui pengalaman dengan mahluk hidup yang ada didalamnya.
6. Permainan dan suasana belajar diberikan kepada siswa diharapkan bisa meningkatkan kerja sama kelompok dan kemampuan mereka dalam memimpin
7. Usahakan lingkungan alam yang dimanfaatkan bisa mengembangkan daya kreativitas, imajinasi siswa, pengembangan kemampuan motorik, emosi, sosial, kognitif dan bahasa.
Lingkungan alam tidak hanya berfungsi untuk mengembangkan kemampuan fisik saja. Lingkungan alam juga dapa dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan kognitif siswa. Berbagai tumbuhan, tingkat suhu udara, gejalam alam, tata letak bangunan disekitarnya, merupakan materi yang bisa diajarkan tentang memecahkan berbagai masalah, diajakberfikir logis dengan memanfaatkan lingkungan alam yang dihadapi, mengasah imajinasi, kreatifitas dan rasa ingin tahu mereka. Dengan cara demikian guru bisa membantu mengembangkan sekaligus membina bakat dan potensi dalam diri setiap siswa.
Baca Artikel Alat Peraga Edukatif
c. Lingkungan Alam sebagai Tempat Belajar Sambil BermainGuru dalam hal ini dituntut mampu memilih dan memberikan cara yang tepat bagi mereka untuk mengatasi berbagai permasalahan dan menguasai ilmu pengetahuan. Salah satu cara yang efektif dalam mengajarkan sesuatu pada siswa adalah dengan melalui kegiatan sambil bermain di alam bebas. Dibandingkan dengan hanya di kelas saja belajar sambil bermain di alam bebas bbisa memberikan beberapa manfaat. Dengan belajar sambil bermain di lingkungan yang bebas dari batas dinding kelas bisa menyebabkan daya piker dan emosi anak terangsang, serta terjadinya perkembangan sosial dan perkembangan fisik lebih baik.
Mengapa anak perlu berlajar sambil bermain di lingkungan terbuka ? lingkungan akan memberikan siswa berbagai kebebasan bergerak dan menyalurkan kreativitas. Lingkungan alam bisa memberikan inspirasi yang tidak terduga. Bermain akan memberi peluang kepada anak untuk berkarya, melakukan dan menciptakan sesuatu dari permainan itu dengan tenaganya sendiri. Dengan demikian jika siswa belajar sambil bermain dilingkungan alam akan menghasilkan suatu sinergi potensi luar biasa yang mampu menciptakan kegiatan belajar. siswa akan mampu menyerap ilmu pengetahuan, latihan fisik, kegembiraan, sosialisasi dan mengenal lingkungan sekitarnya secara bersamaan
Pemanfaatan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran
Dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran diharapkan siswa akan mempu mengembangkan serta melestarikan sumber daya alam, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kebudayaan daerah. Semua itu diharapkan akan dapat memacu pembangunan daerah sesuai dengan karakteristiknya, dan selanjutnya menunjang kemajuan pembangunan daerah sesuai dengan karakteristiknya dan selanjutnya menunjang kemajuang pembangunan nasional.
• Lingkungan apa saja yang bisa dijadikan media belajar siswa ?
Lingkungan di dalam kelas misalnya bisa dirancang semenarik mungkin dengna gambar warna, bentuk dan tulisan dengan tema-tema yang memenuhi rasa etika humir dan konsep yang jelas. Pengaturan kursi, lemari dan papan tulis harus memberikan ruang gerak yang cukup leluasa.
Di samping itu juga letak dan besar jendela, sinal lampu dari luar, diupayakan sedemikian rupa hingga memenuhi standar kesehatan. Namun liungkungan kelas seperti itu adalah salah satu dari lingkungan yang didiami oleh siswa. Lingkungan lain yang penting dalam memicu pertumbuhan intelektual dan emosional mereka adalah lingkungan keluarga dan masyarakat.
Keluarga disebut banyak ahli sebagai lingkungan belajar yang pertama karena setiap individu berasal dari keluarga dan menghabiskan masa-masa pertama hidupnya dikeluarga. Disaat-saat itu lingkungan keluarga menjadi sangat penting bagi setiap individu. Pada saat inilah individu membangun kepribadiannya, pembentukan cara berfikir, merasa, dan berprilaku sesuai
• Apa yang bisa dijadikan media belajar siswa dari lingkungan kita ?
Sebelum memilih lingkungan untuk media belajar siswa anda maka ada baiknya mempehatikan bebreapa hal :
1. Lingkungan yang dipilih adalah lingkungan yang tidak membahayakan kesehatan siswa. Jangan membaca siswa misalnya ketempat pembunagan sampah yang membuat sesak jika gutu ingin menerangkan dampak sampah terhadap lingkungan hidup manusia.
2. Perhatikan masalah keamanan yang akan digunakan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan tidak membawa siswa dilingkungan yang rawan kejahatan.
3. Pemilihan lingkungan perlu disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan usia siswa.
4. Pemilihan lingkungan bukanlah berdasarkan pilihan atau kesukaan kita sebagai guru tetapi berdasarkan tujuan belajar dan karakteristik siswa.
5. Sebaiknya mencari alternative lain apabila lingkungan yang diperlukan pelajaran membutuhkan biaya mahal.
Lingkungan kelas sangat berbeda dengan lingkungan lainnya karena lingkungan kelas dibatasi oleh empat sisi dinding. Ini mengakibatkan perhatian siswa hanya menunuju kepada pelajharan dan prilaku gurunya. Oleh karena itu guru harus bisa memberikan berbagai pelajaran yang berikaitan dengan dirinya sebagai seorang guru yang professional disamping pelajaran yang diberikannya.
Baca Juga Artikel Permainan Bulan dan Bintang
Beberapa sarana yang dapat dimanfaatkan sebagai media pelajaran:1. Taman
Taman merukan lingkungan yang baik bagi untuk belajar dan mempelajari sesuatu. Taman yang biasanya dirancang sebagai tempat bermain yang bisa menumbuhkan berbagai inovasi. Taman bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar, tempat mendengarkan guru mengajar dan mengerjakan PR sebagai pengganti atau selingan tempat belajar dikelas. Hal ini menghilangkan rasa jenuh, pasif dan membosankan pada siswa.
Pengembangan taman sebagai medium lingkungan proses belajar mengajar bisa memberikan berbagai manfaat diantaranya :
a. Menanamkan sikap pandangan dan sikap positif terhadap setiap taman sebagai lingkungan yang digunakan untuk kepentingan belajar.
b. Mengurangi biaya pendidikan
c. Mengubah sikap dan prilaku guru untuk mencintai lingkungan
d. Mendorong munculnya inovasi dan kreativitas guru dalam menciptakan dan mengembangkan iklim pendidikan yang kondusif di lingkungan tempat belajar siswa.
Agar lingkungan taman bisa lebih efektif dalam meningkatkan proses belajar mengajar maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut :
a. Pilihlah lingkungan taman yang memiliki lapangan yang luas agar siswa leluasa bergerak
b. Pergunakan kegiatan bermain dan alat permainan edukatif untuk mempermudah belajar siswa.
c. Belajar dikelas tanpa variasi dan alternative menyebabkan timbulnya banyak anggapan bahwa pendidikan hanyalah upaya menimbun pengetahuan pada siswa secara ferbal.
d. Guru bisa mengembangkan aspek sosial siswa sehingga mereka dapat melakukan adaptasi dengan lingkungan sosialnya serta mampu menajdi anggota masyarakat yang berguna.
2. Pemanfaatan Tanah Liat
Tanah liat merupakan salah satu hasil pelapukan dan pengendapan batu-batuan dari sisa-sisa jasat mahluk hidup yang berlansung selama jutaan tahun. Sejak jaman dahuku tanah liat digunakan manusia untuk membuat berbagai benda melalui proses pembakaran. Namun tanah liat tidak hanya bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh para seniman. Tanah liat juga digunakan sekolah sebagai media untuk menuangkan ekspresi dan mangasah jiwa seni siswa.
3. Air
Air ada dimana-mana karena air adalah bagani dari kehidupan kita. Air juga disebut sumber kehidupan. Tanpa air tentusaja mahluk hidup seperti kita tidak bisa hidup. Air adalah suatu jat yang dapat mengalir dengan mudah. Air yang didinginkan akan berubah menjadi es, bila dipanaskan akan berubah
4. Pengujian tanah
Kita bisa jelaskan pada siswa bahwa tanah terbentuk karena pengaruh cuaca dibebatuan pada permukaan bumi. Tanah dapat berupa batu kerikil, kapur, pasir kapur ataupun tanah liat. Tanah juga mengandung bakteri atau hewan-hewan kecil , air dan udara. Kita bisa memberikan penjelasan tentang bahan penyusunan tanah tersebut kepada siswa dengan cara melakukan percobaan
Simak video pemanfaatan lingkungan alam sebagai media belajar
Video Lingkungan Alam Sebagai Media Belajar