-->

Membuat Presentasi dengan Power Point 2007


Bingung dapat tugas membuat presentasi, atau kebingungan memperkenalkan produk kepada audience, karena tidak bisa membuat slide presentasi. Penggunaan power point  untuk menghasilkan presentasi profesional, bila Anda membuat presentasi berisi informasi yang  ingin komunikasikan dengan audiens anda. Informasi ini dapat berisi teks, gambar, grafik, video, suara, dan banyak lagi. Sebelum Anda mulai menambahkan informasi ke slide, Anda harus mengetahui dasar-dasar power point bekerja dengan slide.

Bila Anda membuka PowerPoint dari menu Start atau dari ikon pada desktop, presentasi baru dengan satu slide muncul secara default. Anda juga dapat membuat presentasi baru sementara PowerPoint sudah terbuka.

  1. Klik tombol [Microsoft Office Button] dan pilih [New] dari pilihan yang muncul
  2. Kotak dialog [New] akan muncul. Presentasi kosong dipilih secara default.
  3. Klik [Create], dan presentasi baru akan terbuka di jendela PowerPoint. 
  4. Slide default yang muncul ketika Anda membuat presentasi baru adalah Judul Slide Layout.
 
Slide  berisi Text box, atau  wilayah pada  slide yang ditutupi  oleh  garis  batas.  Text  box dapat diisi  berbagai item termasuk teks, gambar, dan grafik. Ada beberapa Text box dan berukuran ikon kecil yang mewakili perintah tertentu seperti Insert picture, Insert chart, dan Insert Clip art. Arahkan mouse ke setiap ikon untuk melihat jenis informasi yang Anda dapat sisipkan.
Text box   dapat diatur dalam tata letak yang berbeda yang dapat Anda pilih ketika Anda menyisipkan slide baru atau yang dapat diterapkan pada slide yang ada. Pada contoh di atas, didalam layout terdapat Judul dan konten Text box. Slide Layout menyangkut desain konten Anda. Layouts berisi berbagai jenis Text box yang dapat digunakan tergantung pada informasi apa yang akan dimasukkan ke dalam presentasi. Setiap susunan memiliki nama, tetapi tata letak gambar menunjukkan bagaimana Text box Anda dapat diatur pada slide.

Cara memasukkan text kedalam textbox:
  1. Klik  di dalam  Text box.  Teks kabur  dalam  Text box  akan hilang dan titik  penyisipan ketikan akan muncul
  2. Ketik teks Anda setelah titik penyisipan hilang dan ketikan teks akan terlihat.
  3. Klik  di  luar  Text  box  bila  Anda  telah  memasukkan  semua  teks  ke  dalam  textbox.
  4. Bila Anda memasukkan teks atau menggunakan ikon untuk menyisipkan teks kabur di dalam text box dan/atau ikon hilang ketika Anda mulai mengklik.

Memasukkan slide baru
  1. Klik perintah [New Slide] di grup [Slides] pada tab [Home]. Menu akan muncul dengan pilihan tata letak slide. 
  2. Klik model slide yang ingin Anda masukkan. Sebuah slide baru dengan tata letak yang dipilih akan


Mengubah  Layout Slide:
Untuk mengubah tampilan slide dengan mode yang berbeda ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pilih slide yang ingin Anda ubah.
  2. Klik perintah [Layout] di grup [Slides] pada tab [Home]. Menu pilihan akan muncul.
  3. Klik salah satu pilihan untuk memilihnya dan akan mengubah slide dalam presentasi.

Memindahkan  Slide:
Tentukan slide yang ingin Anda pindahkan pada sebelah kiri.
Klik dan tarik geser ke lokasi baru.
Lepaskan tombol mouse. Slide akan muncul di lokasi baru.

Pilihan Tampilan Slide :

Untuk melihat tampilan slide dapat menggakan pengaturan di  bagian  bawah,  sudut  kanan  dari  jendela  PowerPoint  ada  tiga  perintah.  Dari  sini,  Anda  dapat mengubah tampilan Normal, Slide Sorter, atau Slide Show hanya dengan mengklik perintah.
Normal adalah tampilan stAndar dan di mana Anda akan membuat dan mengedit slide di tengah slide panel.
Slide  Sorter  adalah  tampilan  slide  Anda  dalam  bentuk  thumbnail.  Slide  disajikan  horizontal,  yang memungkinkan Anda untuk melihat slide sekaligus.
Slide  Show   melihat mengisi layar komputer dengan presentasi Anda sehingga Anda dapat melihat bagaimana presentasi akan muncul secara utuh
Sedangkan untuk memperbesar dan memperkecil presentase tampilan dapat dilakukan dengan langkah cari bar zoom di kanan bawah atau bisa dengan menggeser slider ke kanan untuk memperbesar dan ke kiri untuk memperkecil.

Menyimpan Hasil Presentasi
Jika mau menyimpan dokumen untuk pertama kalinya, Anda akan perlu menggunakan perintah Save As, namun jika Anda sudah menyimpan presentasi, Anda dapat menggunakan perintah Save. Untuk menggunaka Gunakan perintah [Save As], langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  • Klik Tombol Microsoft Office.
  • Pilih [Save As]. Menu akan muncul.
  • Pilih  jenis  ekstensi  file  yang  inginkan.  Dua  paling  sering  digunakan  untuk  jenis  file tersebut adalah:
  • PowerPoint Presentation - Ini menyimpan presentasi sebagai file PowerPoint
    2007.  
  • Hanya  pengguna  dengan  PowerPoint  2007,  atau  kompatibilitas,  dapat melihat file tanpa kemungkinan kehilangan beberapa format.
  • PowerPoint   Presentation     97-2003   -  Ini  menyimpan  presentasi  sehingga kompatibel dengan versi sebelumnya dari program Excel. Jika Anda akan mengirim  presentasi  untuk  seseorang yang tidak memiliki Office  2007,  Anda harus menggunakan jenis file ini.
    Kotak dialog [Save As] akan muncul. Pilih lokasi dimana Anda ingin menyimpan dokumen.
  • Masukkan nama dokumen pada [File name:].
  • Klik tombol [Save] untuk menutup jendela.

Semoga tutorial sederhana dapat membantu anda !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel