-->

Pasar Output dan Input

Penjelasan Pasar Output dan Input

Berikut ini merupakan penjelasan tentang pasar output dan pasar input. Bagi kalian yang masih sekolah Menengah Pertama ini merupakan materi yang perlu dipelajari

Gambar Pasar Output

A. PASAR OUT PUT
1. Pengertian Pasar
Pasar output  adalah pasar tempat barang jasa di perdagangkan
2. Struktur Pasar
Struktur pasar adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar. Faktor-faktor itu adalah sejumlah pasar, skala produksi, banyaknya pembeli, biaya memasuki pasar dll.
3. Jenis-Jenis Struktur Pasar
a. Pasar persaingan sempurna
b. Monopoli, sebab-sebab terjadinya monopoli :
1) Monopoli sumber daya
2) Monopoli ciptaan pemerintah
3) Monopoli alamiah
Untuk mengurangi akibat negatif  monopoli, pemerintah melakukan  beberapa hal
1) Peningkatan kompetensi
2) Regulasi
3) Mengubah bentuk perusahaan monopoli
c. Oligopoli (Duopoli)
Adalah struktur pasar dimana terdapat sedikit perusahaan saja yang menjualkan produknya yang identik satu sama lain.
d. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah  pasar yang mengambil sebagian  ciri pasar monopoli dan sebagian lagi ciri pasar persaingan sempurna. Contoh pasar ini antara lain adalah pasar diterjen, pasar obat flu, pasar mie instan, dan pasar sabun mandi.

B. PASAR INPUT
Pasar input adalah pasar yang termpat berinteraksinya permintaan dan penawaran input atau sumberdaya produksi
Gambar Pasar Input

1. Tanah
Tanah merupakan input yang sangat penting dalam breproduksi. Dalam memakai tanah untuk berproduksi terdapat balas jasa yang harus dibayar atas pemakaian tanah tersebut, yaitu rente tanah atau sewa tanah.
Menurut pandangan ekonomi modern tinggi rendahnya sewa tanah dapat dianalisis dengan memakai pendekatan permintaan dan penawaran.
a. Penawaran tanah
Penawaran tanah sangat inelatis sehingga sewa tanah ditntukan oleh segi permintaan
b. Permintaan tanah
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan tingginya permintaan tanah yaitu sebagai berikut :
1) Harga hasil produksi tanah
2) Produktivitas tanah
3) Lokasi tanah
4) Kecendrungan tanah sebagai komoditas
2. Pasar Tenaga Kerja
Pasar tenaga kerja adalah pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran tenaga kerja sehingga bisa dicapai harga keseimbangan tenaga kerja atau biasa disebut upah.
a. Sisi penawaran tenaga kerja
Penawaran tenaga kerja adalah jumlah tenaga kerja yang mau dan mampu melaksanakan  pekerjaan tertentu dengan mendapat balas jasa
b. Sisi permintaan tenaga kerja
c. Keseimbangan pasar tenaga kerja
Pertemuan antara permintaan  dan penawaran tenaga kerja terjadi dipasar tenaga kerja. Pasar tenaga kerja terutama dalam bentuk pertukaran informasi antara pihak yang memerlukan tenaga kerja dengan para pencari tenaga kerja.

3. Modal
Sumber daya modal adalah barang -  barang atau (sarana) yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang lain. Misalnya barang mentah, gedung, mesin, perkakas, serta uang. Penggunaan sumber daya modal menimbulkan  bunga modal.  Dapat diterangkan dengan tori produktivitas teori lain yang membahas bunga modal adalah teori pengorbanan.
a. Permintaan modal
Premintaan modal biasaya berasa dari dunia usaha. Permintaan modal bisa dari permintaan individu seperti untuk membeli rumah, mobil dan berbagai barang dan jasa. Kurva  permintaan  terhadap modal berbentuk kurva biasa, yaitu turun dari kiri keatas ke kanan bawah. Hal ini berarti makin banyak modal yang diminta, harga modal tersebut makin mahal atau tingkat bunga makin mahal.
b. Penawaran modal
Penawaran modal bisa berasal dari beberapa pihak. Dalam ekonomi modern saat ini perbangkan merupakan pihak yang menawarkan modal kepada masyarakat. Pihak lain yang ikut menawarkan modal adalah asuransi dan perorangan dengan balas jasa berupa bunga.
4. Keahlian Pengusaha
Pengusaha adalah orang yang menjalankan usaha jual-beli atau memproduksi barang dan jasa dengan tujuan mencari laba. Dalam ilmu ekonomi, laba merupakan  balas jasa untuk suatu jenis sumber daya manusia tertentu. Yaitu pengusaha yang berfungsi dan mempunyai keahlian mengorganisir faktor-faktor produksi.


C. Essai
1. Pembagian pasar menurut strukturnya
a. Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk sempurna sebuah pasar
b. Monopoli, sebab-sebab terjadinya monopoli :
Adalah pasar yang hanya satu penjual yang melayani  permintaan yang sangat banyak dan produk yang dijual tersebut tidak memiliki subtitusi
c. Oligopoli (Duopoli)
Adalah struktur pasar dimana terdapat sedikit perusahaan saja yang menjualkan produknya yang identik satu sama lain.
d. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah  pasar yang mengambil sebagian  ciri pasar monopoli dan sebagian lagi ciri pasar persaingan sempurna.
2. Pengertian dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna
Adalah bentuk sempurna pasar. Ciri-cirinya adalah banyak penjual, banyak pembeli, bebas keluar masuk pasar, sumber daya produksi, bebas bergerak penjual dan  pembeli hanya berfungsi sebagai penerima harga.
3. Ciri dan syarat terjadinya pasar monopoli
Ciri dan syarat :
Hanya ada satu penjual atau produsennya di pasar, produk tidak memiliki subtitusi dekat, harga tinggi, produsen atau penjual bisa menetapkan harga semaunya.
4. Mengapa ada pasar oligopoli
Karena dalam pasar oligopoli perusahaan bisa menentukan  sendiri harga produknya
5. Faktor dan ciri-ciri pasar persaingan monopolistik :
Faktor : banyak perusahaan yang menjual produk sejenis, tetapi bervariasi berdasarkan merek
Ciri-cirinya :
1) Terdapat banyak produsen / penjual
2) Diferensiasi produk berdasarkan  merek
3) Kebebasan keluar masuk pasar
6. OPEC disebut sebagai sebauh kartel karena adanya kolusi kepemimpinan harga, dan yang mengontrol minyak dunia. Peran OPEC dalam menentukan harga minyak mentah dunia  adalah OPEC merupakan kartel yang mengontrol h arga dan jumlah produksi minyak mentah dunia.
7. Kerugian – kerugian masyarakat karena adanya pasar monopoli :
1) Penyalah gunaan pasar dengan petapan harga yang tinggi
2) Tingkat produksi lebih sedikit dari yang seharusnya
3) Mengurangi kesejahteraan konsumen
4) Ketidak adilan
5) Usaha permintaan dalam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel