Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan 2018
Cara Daftar Hadir Online Guru dan Tenaga Kependidikan
Segala bentuk kegiatan pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan. Agar dapat melakukan rekam data kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :
- Login dengan userid kepala sekolah
- Login dengan userid operator dapodik
User dan Password tersebut ter update datanya secara langsung berasal dari A dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.) Apabila ingin melakukan perubahan User dan Password dapat dilakukan melalui aplikasi dapodik pada instansi masing-masing.
Perubahan User dan password pada aplikasi dapodik akan diterapkan pada situs atau sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah aplikasi dapodik di syncron. Maka data pengguna akan terupdate di sistem Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan DHGTK kurag lebih 2 (dua) hari syncron berhasil .
Pada situs atau sistem Aplikasi DHGTK terdapat tiga menu utama yaitu
- Beranda;
- Kehadiran;
- Keluar Aplikasi.
Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut ini
Menu utama Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Sumber : Buku panduan DH-GTK |
1. Beranda
Pada menu beranda terdapat sub menu yaitu :
a. Profil sekolah (1)
b. Data Pengguna (2)
c. Visual Siklus Pekerjaan sebelum dan sesduah terbit SKTP (3)
Menu Beranda Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Sumber Buku Panduan DH-GTK |
Pada menu Kehadiran terdapat sub menu meliputi :
a. Data Sekolah (1)
b. Data Guru Dan tenaga Kependidikan (GTK) (2)
Menu Kehadiran Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Sumber Buku Panduan DH-GTK |
informasi kehadiran Sumber Buku Panduan DH-GTK |
menu data sekolah Sumber Buku Panduan DH-GTK |
Menu ini digunakan jika pengerjaan atau mengisi kehadiran GTK telah selesai, sehingga untuk keluar dari aplikasi maka tinggal klik tombol “Keluar dari Aplikasi”
menu keluar aplikasi Sumber Buku Panduan DH-GTK |
Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan 2018
Peran dan Tangggung Jawab Pengerjaan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan.
Sedikit disinggung bawah peran dan tanggung jawab dalam hal input data Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan agar tidak terjadi kesalah pahaman dikemudian hari.
Peran dan Tanggung Jawab sebagai Kepala Sekolah
Jabatan sebagai Kepala sekolah merupakan manajer pada satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk:- Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK (karena dilaksanakan secara full online)
- Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
- Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi.
- Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK
- Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK
- Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari
Sumber : Buku panduan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Peran dan Tanggung Jawab sebagai Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus)
Entah perasaan senang atau gembira atau sedih jika anda ditunjuk sebagai Operator Sekolah?Mengingat begitu banyak tugas yang harus dikerjakan dan sangat menyita waktu, namun jerih payahnya belum begitu dihargai.
Berikut ini adalah Peran dan tanggung jawab dari petugas absen yang harus benar benar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab :
- Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
- Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
- Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
- Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK
Kalau pedih kucek mata dulu, silahkan break sebentar sambil ngerokok atau minum kopi
Note
Guna kelancaran dalam melaksanakan tugas Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan gunakan Browser internet paling terbaru, browser yang dapat digunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Comodo, UC Browser. Rekomendasi dianjurkan untuk menggunakan Google Chrome.
Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan 2018
Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Login Sim Kehadiran Guru Sebagai Kepala Sekolah1. Klik link : http://223.27.144.195:2017/index.php
2. Setelah Mengunjungi alamat di atas klik “LOGIN SEKOLAH”
Login sekolah |
login sim kehadiran guru dan tenaga kependidikan |
- Masukkan data identitas
- Ketik NPSN Sekolah anda, Contoh ; 12345678
- Masukan userid Kepala sekolah yang sudah terinput di Aplikasi Dapodik. Contoh: aaaaaabbbb@gmail.com
- Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik, Contoh : ********
- Masukan kode sesuai yang tertulis (silahkan klik tombol reload jika gambar tidak jelas)
4. Klik Tombol “LOGIN”
Semoga betah membacanya, jangan di scrool langsung kebawah pahami setiap point-pointnya, agar tidak tersesat dijalan.
Apabila berhasil login maka akan bertemu dengan visual seperti gambar di bawah ini. Pada visual ini meliputi beberapa fitur meliputi :
- Beranda
- Kehadiran
- Keluar Aplikasi
- Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP
Tampilan DH-GTK setelah berhasil Login |
- Profil Sekolah
- Kunci dan Buat SPTJM
- Data Pengguna
Cara Mengisi atau membuat Kalender Sekolah pada Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Langkah setelah berhasil login adalah membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik tombol atau menu "Kehadiran" lihat gambar diabwah ini :klik tombol kehadiran |
pengaturan kalender DHGTK |
Cara Membuat atau Menambah Kalender Sekolah di situs DHGTK
Cara membuat atau menambah kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:- Klik “Kehadiran”
- Perhatikan Data Sekolah
- Perhatikan Kalender Sekolah
- Jika Belum ada kalendernya maka klik “Tambah Baru”
- Setelah klik “tambah baru” maka akan muncul form isian membuat kalender.
- Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakan
Contoh Membuat Kalender Sekolah :
1. Misalnya membuat tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya adalah sebagai berikut.Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
Cara membuat atau menambah kalender sekolah pada situs DHGTK |
Keterangan liburnya.
Tahapan berikutnya Klik Simpan dan Ok. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut
jenis libu pada kalender DHGTK |
4. Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah:
Tambah baru untuk membuat kalender yang baru.
Hapus semua untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
5. Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota
6. Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/saat mengisi kehadiran
Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Klik Menu “Kehadiran”, maka akan Muncul gambar seperti dibawah ini :
Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan |
Setelah melihat tampilan seprti gambar diatas, maka yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :
1. Langsung menuju ke informasi kehadiran
informasi kehadiran |
semester aktif pada DHGTK |
1. 20171 (Juli-Desember 2017) artinya semester 1 tahun pelajaran 2017-2018
2. 20172 (Janurai-Juni 2018) artinya semester 2 tahun pelajaran 2017-2018
Gambar diatas adalah contoh mungkin ketika sobat mengakses tampilan sudah tidak sama.
3. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
Harus diperhatikan dalam bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk menentukan bulan yang berjalan, dan bisa di isi daftar hadirnya dan tersimpan. Karena jika bulan yang dipilih bukan bulan yang berjalan maka hasil pengsiannya tidak tersimpan.
4. Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir.
Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi seprti ini
tampilan daftar kehadiran DHGTK |
Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online di Login Sim Kehadiran Guru
Kalau sudah terbentuk formatnya Kehadiran tugas kita adalah tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan (ini merupakan tugas berat, antara kejujuran dan juga kemanusiaan) silahkan mempertanggungjawabkan sendiri, :
- Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada format absen Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
- Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
- Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan.
- Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada Form Absen Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan.
Sudah setengah perjalanan sob, kalian membaca tutorial Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan, berhenti dulu kalau capek ...!!!
Cara Mengisi Surat Izin, Surat Dinas Luar dan Surat Keterangan Sakit pada Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan secara online
Mengisi Surat Izin pada sistem Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikanlangkah mengisi Surat izin, Surat Dinas luar dan Surat Keterangan Sakit adalah dengan cara sebagai berikut:
1. Pilih nama GTK di Form Absen/ Kehadiran
2. Kemudian pilih menu (input Surat izin)
3. Maka akan tampil form isian input surat izin
4. Isilah tabel surat izin sesuai permintaan form
5. Setelah terisi maka pilih Tombol “SIMPAN” dan klik “OK”
6. Kemudaian lakukan reload web atau tekan F5 klik tombol
Cara Mengisi surat ijin Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan |
Warna yang tampil di form kehadiran akan sesuai dengan izin yang dimaksud, seperti sakit, tugas luar, dan izin.
Tampilan Setelah di isi surat izin |
Mencetak SPTJM pada Sistem Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Apa itu SPTJM?SPTJM adalah surat pertanggung jawab mutlak.
Untuk dapat mengunci menu Kehadiran dilakukan perbulan atau pertriwulan tergantung pada sahabat ops.
Tombol menu Cetak SPTJM akan terlihat setelah memilih Menu “Kehadiran”
Apabila sudah muncul surat pertangung jawab mutlak maka kepala sekolah wajib menentukan pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilalui dan di entri datanya.
Beri tanda centang (√) pada Kotak dialog saya setuju dan pada kunci daftar hadir. Jika itu dilakukan maka secara otomatis absen pada bulan tersebut sudah terkunci tidak bisa di isi kembali (diperbaiki). Kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat. Jika sudah mengunci Daftar Hadir maka jangan lupa Simpan dan kemudian refresh. Setelah pengaturan selesai dan tersimpan maka silahkan Cetak SPTJM denga cara mengklik CETAK PDF
Login Operator Sekolah atau Petugas Absen Sekolah pada Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Login Operator sekolah pada dasarnya sama dengan login Kepala sekolah, hanya yang mebedakan antara login Operator atau Petugas Absen sekolah mengenai hak Akses “Pembuatan dan Pencetakan SPTJM”. Untuk membuat dan mencetak SPTJM hanya tampil tampil jika sobat ops login oleh menggunakan username dan password Kepala sekolah,Cara Login Operator Sekolah di Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
1. Klik http://223.27.144.195:2017/index.php2. Tunggu hingga muncul tampilan login sim DHGTK
3. Isi Ketik NPSN Sekolah anda, Masukan username
4. Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik
5. Masukan kode capta sesuai yang tertulis (klik reload capta jika tidak jelas)
6. Kemudian Klik tombol “LOGIN”
Mengisi/Membuat Kalender Sekolah
Untuk bisa membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu "kehadiran".Untuk membuat kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:
- Klik “Kehadiran”
- Perhatikan Data Sekolah
- Perhatikan Kalender Sekolah
- Jika Belum ada kalendernya maka klik “Tambah Baru”
- Setelah klik “tambah baru” maka akan muncul form isian membuat kalender.
Membuat Kalender Sekolah :
Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakanPerhatikan Form Tambah Kelender
- Pilih jenis libur yang diinginkan.
- Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya.
- Tahapan berikutnya Klik Simpan dan Ok.
- Jika mau membuat kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
- Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah:
- Tambah baru untuk membuat kalender yang baru.
- Hapus semua untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
- Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota
Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen atau saat mengisi kehadiran
Mengisi Kehadiran
Untuk mengisi kehadiran sebenarnya langkah-langkahnya sangat sederhana :- Klik Menu “Kehadiran”
- Langsung menuju ke informasi kehadiran
- Pilih semester yang berjalan
- Setelah di pilih maka tentukan semester yang berjalan. Ada dua istilah dalam semester ini :
- Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
- Memilih bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk menentukan bulan yang berjalan, dan bisa di isi daftar hadirnya dan tersimpan.
- Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir.
- Klik menu “Buat daftar hadir”
- Setelah muncul pemberitahuan maka klik tombol “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh.
Ha ha ha, (mungkin sobat ops bertanya ...)
Bang admin kok tidak ada gambarnya ?
Gambar sama seperti diatas, kasihan yang baca kuota cepet habis kalau kebayakan load gambar.
Langkah selanjutnya :
- Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada form absen
- Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen
- Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan.
- Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada Form Absen.
Cara Mencetak Mengisi Surat Izin Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Sebagai Operator Sekolah
Mengisi Surat Izin, langkah mengisi Surat izin/Dinas luar/sakit adalah dengan cara sebagai berikut:- Pilih nama GTK di Form Absen/ Kehadiran
- Kemudian pilih menu (input Surat izin)
- Maka akan tampil form isian input surat izin
- Isilah tabel surat izin sesuai permintaan form
- Setelah terisi maka pilih “SIMPAN” dan klik “OK”
- Kemudaian lakukan reload web atau tekan F5
Gimana sobat ops sudah Mbelenger bacanya ?
Cara Login Guru dan Tenaga Kependidikan - GTK
Login GTK berfungsi untuk melihat rekap kehadiran masing-masing GTK, dengan cara memsaukan “NUPTK” Llau tekan “Enter”,Link http://223.27.144.195:2017/index.php
Tampilan Informasi kehadiran GTK Sumber : panduan DHGTK |
Alamat Daftar Hadir Alternatif :
ntuk memulai silakan menuju halaman SIM Kehadiran Guru pada http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id
Jika Bapak/Ibu/Saudara mengalami kesulitan dalam mengakses silakan anda bisa memilih Link alternatif DHGTK terbaru berikut:
Link Alternatif 1
Link Alternatif 2
Link Alternatif 3
Link Alternatif 4
Link Alternatif 5
Semoga tutorial Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan dapat membantu dan menjawab pertanyaan atas kebingungan sobatops.comLink Alternatif 1
Link Alternatif 2
Link Alternatif 3
Link Alternatif 4
Link Alternatif 5